Sukses

Cara Membuat Kopi Sendiri ala Barista di Coffee Shop

Anda bisa menikmati kopi dengan rasa yang tak kalah dari coffee shop. Berikut cara membuat kopi sendiri seenak buatan barista di kedai kopi.

Liputan6.com, Jakarta Kopi buatan kafe memang terasa berbeda dibandingkan kopi buatan sendiri. Di balik rasanya yang nikmat, pembuatan hingga kualitas bahan baku yang digunakan untuk membuat kopi di coffee shop sangatlah diperhatikan. Kini, Anda tak perlu lagi khawatir karena ada cara yang dapat Anda tiru untuk membuat kopi dirumah seenak di coffee shop.

Cara Membuat Kopi ala Barista

1. Biji Kopi

Jika Anda ingin mendapatkan rasa kopi nikmat seperti di coffee shop, maka pastikan kalau biji kopi tersebut berkualitas. Jangan gunakan kopi instan kemasan yang sudah diolah. Pilihlah biji kopi yang masih segar atau baru disangrai, sehingga memunculkan aroma yang nikmat dan harum.

2. Giling Kopi

Setelah biji kopi di sangrai, maka kini waktunya untuk menggiling. Pilihlah grinder atau penggiling biji kopi yang berkualitas sehingga hasilnya pun tetap baik. Saat menggiling kopi, pastikan alat giling tersebut atau grinder bersih dan bebas dari aroma lainnya, karena bisa mempengaruhi rasa juga aroma kopi nantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rasio Perbandingan Kopi dan Air

Rasio ini juga bisa mempengaruhi rasa akhir nantinya. Sebaiknya jangan gunakan air terlalu banyak karena akan membuat rasa kopi tawar, begitu juga sebaliknya, jangan menggunakan air terlalu sedikit karena akan membuatnya pahit. Rasio yang tepat adalah setiap 1 gram bubuk kopi diseduh dengan 15 cc air.

4. Suhu Air Panas

Suhu pada air panas yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa pada kopi. Maka, cara membuat kopi seenak coffee shop tak bisa sembarangan. Sebaiknya, gunakan air panas yang bersuhu 89-96 derajat celcius. Air panas mendidih justru akan merusak kualitas kopi dan berpengaruh pada rasanya.

5. Pakai Susu atau Creamer?

Jika ingin rasanya lebih kaya, maka sebaiknya gunakan susu pasteurisasi atau UHT. Susu UHT sangat pas dipadukan dengan espresso atau kopi lainnya. Susu juga bisa memberikan rasa manis pada kopi dibandingan creamer yang hambar.

3 dari 3 halaman

6. Teknik Dripper

Coffee drip atau dripper adalah metode membuat kopi dengan mengandalkan air menetes perlahan setelah bubuk kopi diseduh dengan air panas. Pertama, Anda bisa menuangkan air panas ke dalam kettle yang sudah berisi bubuk kopi dengan wadah dripper. Lalu, tuangkan air sedikit demi sedikit atau sekaligus semuanya perlahan. Teknik menuangkan air ini yang mempengaruhi dan memanipulasi pergerakan bubuk kopi saat dilalui di air panas.

7. Membuat Kopi dengan Cafflano Klasik

Dengan tips cara membuat kopi diatas, maka Anda bisa menikmati kopi enak dirumah tanpa harus beli di coffee shop. Selain teknik dan bahan yang berkualitas, Anda juga butuh alat pembuat kopi yang praktis, seperti Cafflano Klassic. Cafflano Klassic merupakan termos kecil yang di dalamnya terdapat cup tumbler dripper hingga mesin penggiling kopi. Alat ini juga sangat baik untuk menghasilkan kopi nikmat karena bahannya yang anti-karat sehingga aman dan tahan lama. Untuk dapatkan Cafflano Klassic, Anda bisa beli di Lakupon karena ada diskon spesial DI SINI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.