Sukses

Ingin Pergi Liburan Tanpa Meninggalkan Utang? Ini Caranya

Jangan khawatir Anda dapat pergi liburan dengan tenang tanpa khawatir meninggalkan utang.

Liputan6.com, Jakarta Liburan adalah hak semua orang. Apalagi orang yang sudah banting tulang dan memeras keringat berbulan-bulan untuk kerja. Tapi ada kalanya keinginan liburan itu terbentur masalah uang. Ujung-ujungnya adalah cari pinjaman uang alias utang untuk liburan.

Utang bukanlah hal yang buruk. Namun sebisa mungkin utang dihindari agar tidak membebani kehidupan. Apalagi utang untuk berlibur. Banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk liburan tanpa perlu menambah pinjaman uang sana-sini. Bahkan beberapa di antaranya menjanjikan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya.

Daripada cari pinjaman uang untuk liburan, lebih baik pakai tujuh cara ampuh dari DuitPintar.com ini:

1. Buat tabungan liburan

Rencanakan liburan sedari dini dan buatlah tabungan khusus untuk tujuan itu. Alokasikan sebagian penghasilan yang besarannya tergantung rencana liburan mau ke mana dan berapa lama.

Hitung berapa kebutuhan untuk tiket dan akomodasinya, juga anggaran oleh-oleh. Sertakan pula dana cadangan untuk hal-hal tak terduga. Setelah itu, bagi dengan bulan yang dibutuhkan hingga seluruh dana terpenuhi. Ingat, tabungan ini tidak boleh diutak-atik selain untuk tujuan utamanya, yakni liburan. Agar aman dari godaan, bisa buat tabungan rencana yang menerapkan penalti kalau diambil sebelum waktunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Manfaatkan waktu luang

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Waktu luang biasanya memang untuk istirahat. Tapi, demi kebutuhan rekreasi yang juga termasuk istirahat, bisa coba cari kerjaan sampingan untuk memanfaatkan waktu luang itu. Mungkin bisa jadi supir angkutan online. Atau cari pekerjaan sampingan di internet yang begitu berlimpah dan bisa dikerjakan dari rumah. Tak perlu cari-cari pinjaman uang? Namun jangan lupa kerjaan utama harus diprioritaskan. Tidak lucu kalau karier malah terhambat karena ingin liburan.

3. Kerja sambil berlibur

Cara yang satu ini bisa jadi tidak cocok untuk semua orang. Hanya mereka yang kerap bertugas ke luar kantor yang bisa menikmatinya. Misalnya saat ditugasi ke Bandung dari Jakarta. Di tengah perjalanan kerja itu pasti ada waktu luang. Nah, manfaatkan waktu itu untuk berekreasi. Bahkan menginap di hotel saja bisa dijadikan ajang pereda stres. Contohnya dengan berenang dan bersantai di lounge. Tak perlu bayar biaya tiket dan akomodasi, bisa mendapat hiburan.

4. Yang dekat-dekat saja

Tak perlu jauh-jauh untuk berlibur, datang saja ke tempat hiburan dekat rumah. Buat yang ada di Jakarta, bisa datang ke ruang publik terpadu ramah anak yang tersebar di mana-mana. Bisa juga berlibur sambil menambah wawasan di perpustakaan publik. Tapi jangan ke mal ya. Itu namanya menantang maut. karena bisa tergoda beli ini-itu. Cari tempat yang tidak membahayakan dompet saja.

 

3 dari 3 halaman

5. Menginap di tempat kenalan

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Agar bisa menghemat biaya akomodasi, mungkin bisa menumpang tidur di tempat kenalan di lokasi liburan. Tapi jangan tiba-tiba datang dan bilang mau menginap. Hubungi dulu jauh-jauh hari sebelumnya.

6. Ajak teman

Liburan bareng teman bisa lebih hemat ketimbang sendirian. Misalnya ada promo beli tiket 1 gratis 1. Bisa kerja sama dengan teman.Ongkos menginap pun bisa dibagi. Selain bisa mencegah numpuk pinjaman uang untuk liburan, cara ini bisa mengakrabkan hubungan dengan kawan.

7. Pakai dana tak terduga

Sepanjang tahun, mungkin ada dana yang datang tanpa tak terduga, misalnya bonus. Uang ini bisa dialokasikan untuk liburan karena anggaran bulanan sudah teratasi dengan penghasilan reguler. Uang THR juga bisa dialokasikan untuk kebutuhan ini. Namun perlu dilihat juga kebutuhan lain yang mendesak. Hal yang harus diutamakan adalah bayar utang agar nyaman saat liburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini