Sukses

6 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri

Berikut enam cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencintai dan menjadi teman yang baik bagi diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang Anda harus berdamai dengan diri sendiri. Mengawali tahun 2018 adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memberikan waktu lebih pada diri sendiri untuk berubah menjadi lebih baik.

Jika selama ini hidup Anda lebih sering dipengaruhi oleh keluarga, teman, kekasih, atau orang lainnya disekitar, sudah saatnya Anda menjadi teman yang baik bagi diri sendiri tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam.

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk berdamai dan menjadi teman terbaik bagi diri sendiri, agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi seperti dilansir dari situs Allwomenstalk, Kamis (18/1/2018).

1. Tidur teratur

Anda tidak dapat memaksimalkan sisi terbaik dari dalam diri jika dalam keadaan lelah. Paling tidak biasakan untuk tidur selama 7 jam setiap malamnya untuk memberikan kesehatan pada tubuh dan mental. Anda bisa menjadi lebih fokus, bahagia, dan terhubung dengan dunia di sekitar dengan baik saat membiasakan tidur dengan teratur.

2. Jangan mencemaskan masa depan

Memang sulit untuk tidak mencemaskan masa depan, namun cobalah untuk tidak memikirkan hal yang belum tentu akan terjadi. Jangan membuang waktumu untuk memikirkan hal-hal tersebut, rencanakan dan jalani hidup Anda dengan baik. Karena biasanya hal-hal yang Anda cemaskan tersebut tidak akan terjadi seperti yang dibayangkan. Buatlah pikiran yang positif adalah bentuk Anda mencintai diri sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencintai diri sendiri

3. Berhenti diet

Masih banyak cara lainnya untuk tampil sehat selain diet. Jika makanan adalah salah satu cara membuat Anda bahagia, lakukanlah. Anda hanya perlu menakar porsi secukupnya. Jangan tahan keinginan Anda mencicipi makanan tertentu hanya karena alasan diet. Biarkan diri Anda bahagia dengan makanan favorit dan mulai sekarang berhentilah untuk diet.

4. Hobi

Istirahat sejenak dan renungkanlah hal apa yang benar-benar Anda cintai dalam hidup. Hobi yang membuat Anda rela bangun pagi untuk melakukannya, atau menyediakan waktu khusus untuknya. Anda bisa saja bergabung dengan komunitas hobi tersebut seperti komunitas membaca, tennis, atau yoga. Ini merupakan langkah terbaik untuk melakukan hal produktif dan yang Anda cintai sekaligus.

3 dari 3 halaman

Menjadi teman yang baik untuk diri sendiri

5. Batasi teknologi

Media sosial merupakan cara berkomunikasi yang canggih saat ini. Namun sering berselancar di media sosial ini akan membuat Anda selalu membanding diri dengan orang-orang yang Anda ikuti. Satu hal yang harus disadari, setiap orang hanya akan membagikan momen-momen bahagianya di media sosial, bukan berarti Anda tidak lebih baik dari mreka, atau mereka tidak pernah bersedih. Jadikan media sosial hal yang positif dan membatasi penggunaannya. Tidak hanya untuk membuat kepercayaan diri Anda lebih baik, juga membuat mata Anda mudah terlelap saat malam jika tidak melihat timeline media sosia terlalu lama.

6. Olahraga

Buatlah agenda rutin untuk berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk mendapatkan hasil secara instan seperti bentuk tubuh yang ideal, namun juga bisa membuat mental Anda lebih sehat. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia. Selamat mencoba untuk mencintai diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.