Sukses

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

Ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan. Apa saja syaratnya?

Liputan6.com, Jakarta Profesi barista semakin dikenal belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari tren minum kopi yang semakin marak hingga ke generasi muda.

Barista biasanya memiliki citra keren dengan pakaiannya yang dilengkapi apron. Terampil mengoperasikan mesin kopi hingga karismatik dalam menyajikan kopi.

Banyak anak muda pun mendambakan menjadi seorang barista. Hanya saja, ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan. Tanggung jawab, keterampilan, dan kebersihan seorang barista sangat menentukan kerjanya.

Kompetisi barista seperti Indonesia Coffee Event, berupaya meningkatkan kualitas barista agar sesuai dengan standar internasional. Sebab, profesi barista bukan main-main dan bahkan dapat menjadi ujung tombak sebuah usaha kopi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

"Di luar negeri sudah biasa seorang barista menjadi ujung tombak usaha kopi, kami ingin membentuk kesadaran ini di Indonesia bahwa profesi barista bisa sangat penting," ujar Yoshua Tanu, pemenang Indonesia Barista Championship tiga tahun berturut-turut di Jakarta, pekan lalu.

Syarat untuk menjadi barista keren terjadi tidak hanya dapat menyajikan kopi enak, ia juga harus perlu memperhatikan teknik dan kebersihan.

Sebenarnya tugas barista sangat komprehensif dari mulai mencari kopi terbaik, dapat menjelaskan kopi yang dipilihnya, menguasai alat-alat yang digunakan, menjalankan teknik meracik kopi dengan baik dan bersih, dan menyajikan kopi dengan rapi.

 

3 dari 3 halaman

Ternyata Ini Syarat Jadi Barista Keren, Apakah Anda?

"Di kompetisi barista ini semua aspek dinilai dari mulai teknik hingga rasa kopi yang disajikan. Ini untuk meningkatkan kualitas barista Indonesia karena pemenangnya akan berlaga di kompetisi dunia," ujar Mira Yudhawati, juri Indonesia Coffee Event.

Hal-hal kecil seperti lupa menekan tombol yang mengeluarkan residu kopi di mesin espresso, hingga bubuk kopi yang berceceran akan mendapatkan nilai minus dari juri. Sehingga barista terbaik tidak akan melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.