Sukses

Kaleidoskop 2017: Anak Presiden Kahiyang Ayu Lepas Lajang

Putri kesayangan satu-satunya Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu melepas lajang November 2017 dengan banyak cerita, ini rangkumannya

Liputan6.com, Jakarta "Sayang, Nganti memutih rambut ku Rabakal luntur treno ku," sepenggal lirik dari Via Vallen berjudul Sayang itu dinyanyikan Bobby untuk Kahiyang Ayu di acara D'Academy Asia 3, Selasa (12/12/2017) saat status mereka resmi menjadi suami istri.

Ya, Kahiyang Ayu, putri satu-satunya Presiden Jokowi, ikut mencatatkan hari bersejarahnya dengan berganti status sebagai istri Bobby Nasution pada November 2017. Karena jodoh 'Putri Solo' nan ayu ini berasal dari Sumatera Utara, maka resepsi pernikahan digelar di dua kota, yakni Solo dan Medan.

Pernikahan Kahiyang adalah Royal Wedding kedua sejak sang ayah menjabat sebagai Presiden RI. Sebelumnya, pada 2015, Jokowi menikahkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda di Solo, Jawa Tengah.

Meski bukan yang pertama, Presiden Jokowi menggarisbawahi ada perbedaan antara pernikahan anak laki-laki dan perempuan dalam tradisi Jawa. Dalam budaya Jawa, menikahkan anak perempuan disebut mantu dengan banyak melakukan berbagai tahapan.

Sementara menikahkan anak laki-laki disebut ngunduh mantu, dengan persiapan yang lebih simpel. Apalagi kali ini Presiden mendapat menantu yang berasal dari suku Batak dengan adat Mandailing yang kental.

Momen Royal Wedding Kahiyang Ayu-Bobby Nasution yang menyedot perhatian Indonesia dan dunia ini sekaligus menunjukkan pernikahan dengan keberagaman budaya yang dijunjung keduanya. Apalagi percampuran adat Solo dan Sumatera Utara mendapat panggung yang baik dan apik karena ini kawinan anak Presiden.

"Enggak semua orang mau loh kayak gitu. Apalagi Pak Jokowi masih mau repot-repot ke sana (Medan), respect banget. Hebat," puji putri Miranda Gultom, Winda Malika Siregar, yang juga menjalani pernikahan Jawa-Sumatera Utara.

Berikut ini kaleidoskop 2017. Semua tentang Kahiyang Ayu yang merangkum kisah dua sejoli yang dipersatukan Tuhan dalam ikatan pernikahan; 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Saling Mengenal dan Bertukar

Kahiyang Ayu pertama kali memberi teaser tengah menjalin hubungan spesial dengan seorang pria pada Januari 2016. Ia mengunggah foto dirinya bersama sosok yang hanya setengah badan (plus menutup mulutnya dengan tangan). Ia pun memberi caption B yang membuat penasaran para follower-nya.

Selang beberapa waktu, Kahiyang mulai go public dengan mem-posting kebersamaannya bareng Bobby. Hingga pada 23 Juni 2017, ia mempublikasikan foto ekspresi girang dengan cincin melingkar di jari manisnya dilengkapi dengan keterangan "I said YES" (dengan me-non aktifkan kolom komentar).

Sambil menyusun rencana untuk melanjutkan ke step selanjutnya, Kahiyang dan Bobby kembali tampil di depan publik dengan mengambil momen perayaan 17 Agustus 2017 di Istana Negara. Sebagai salah satu bukti percampuran dan pengenalan budaya, mereka kompak bertukar baju adat saat menghadiri upacara kemerdekaan.

Kahiyang memakai ulos sementara Bobby tampil gagah dengan beskap, kain batik, lengkap dengan blangkonnya. Awal yang baik yang memberikan kesan baik pula.

3 dari 7 halaman

Simbol Percampuran Budaya

Tren foto sebelum pernikahan atau prewedding juga dijalani calon mempelai wanita dan calon mempelai pria (kala itu) dengan mengambil tema etnik. Hal itu terlihat dari pemilihan outfit kebanggaan daerah asalnya masing-masing batik dan ulos.

Kahiyang terlihat serius dalam menggarap foto prewedding yang mengambil beberapa lokasi ikonis di Indonesia. Seperti Candi Borobudur, pemandangan Gunung Merapi dari Hotel Hyatt Yogyakarta, Pantai Crystal Bay Nusa Penida, dan Situs Warung Boto.

Saat Kahiyang memakai kain ulos yang serasi dengan Bobby di foto prewedding, kakak Kaesang Pangarep ini sudah mencuri hati orang-orang Batak. Seperti dari berbagai komentar di akun instagramnya, Kahiyang mulai mendapat sapaan Horas dan didoakan untuk kelancaran saat menjalani proses adat Mandailing di kampung Bobby.

"Gayanya kahiyang itu simpel, santai, dan anggun. Hal ini dituangkan dalam konsep tradisional, Kahiyang sendiri yang pilih konsepnya," ujar fashion stylist yang mendampingi foto prewedding Kahiyang, Ribka Budiman kepada liputan6.com.

4 dari 7 halaman

Sah di Graha Saba Buana

Setelah menjalani serangkaian prosesi adat 'Jokowi Mantu', tiba proses ijab kabul di gedung milik keluarga Jokowi, Graha Saba Buana, 8 November 2017.

"Saya nikahkan dan jodohkan putri saya dengan engkau Bobby Afif Nasution bin Insinyur Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat salat dan cincin 80 gram dibayar tunai," ujar Jokowi saat menuntun ijab qabul putrinya dengan Bobby.

Ucapan Jokowi dijawab lantang oleh Bobby. "Saya nikahi Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat salat dan cincin 80 gram dibayar tunai, tunai!" ujar Bobby Nasution dalam satu tarikan napas.

Dalam prosesi ijab kabul, Kahiyang dan Bobby memakai busana pengantin Jawa Klasik, bukan kebaya putih seperti kakak iparnya Selvi. Kahiyang terlihat manglingi dalam balutan kebaya kutu baru beludru hitam sepanjang lutut.

Riasan pengantin Solo dengan paes ageng dan aksesori seperti tujuh cunduk mentul di kepala menyempurnakan penampilannya. Begitu juga Bobby yang mengimbangi dengan beskap beludru bordir emas serta kain jarit senada dengan Kahiyang.

Sedangkan pada resepsi malam harinya, Kahiyang tampil lebih glamor dengan dodotan Jawi Solo yang dipadukan dengan bolero. Awalnya, jenis pakaian ini hanya boleh digunakan oleh keluarga keraton.

Begitu juga dengan riasan yang berbeda dengan ijab kabul di pagi harinya. Wajahnya dihiasi paes warna hijau yang terdiri dari sempyok gajahan, pangapit, panitis, dan godheg. Sanggulnya juga berbeda, ia memakai bokor mengkurep yang dihiasi sembilan cunduk mentul. 

Di balik busana pengantin Kahiyang dan Bobby, ada desainer Tuty Adib yang kembali dipercaya keluarga Jokowi setelah merancang baju untuk pernikahan Gibran dan Selvi. Ia juga merancang kebaya yang dipakai Kahiyang dari siraman hingga midodareni.

Sementara untuk rias pengantin, Kahiyang dipercantik oleh perias kenamaan berusia 80 tahun asal Solo, H.S Sumaryono.

5 dari 7 halaman

Marga Siregar untuk Kahiyang Ayu

Setelah menjadi raja dan ratu sehari di Solo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melanjutkan perjalanan pengantin antar etnis ke Medan. Prosesi pertama yang dijalani Kahiyang Ayu adalah Haroan Boru yaitu penerimaan sebagai mantu.

Tampil dengan kebaya baju kurung warna biru pastel dan kerudung warna senada, Kahiyang banyak mendapat pujian. Hasil riasan dalam prosesi haroan boru atau penerimaan menantu didapat lewat tangan terampil perias pengantin lokal asal Medan Nico Samosir.

Padahal, Nico hanya punya waktu 30 menit untuk merias Kahiyang. Bayangkan, biasanya ia membutuhkan waktu dua jam untuk merias pengantin.

"Karena Mbak Kahiyang telat sampai Medan, jadwal janji makeup jam 9 pagi jadi jam 4 sore. Benar-benar go show, cma 30 menit saja," ujar Nico Samosir pada liputan6.com.

Kesuksesan makeup pesta ada hari pertama membuat Nico kembali didaulat menjadi makeup artist untuk acara Mangalehan Marga atau pemberian marga. Kali ini Kahiyang memakai kebaya warna pink pastel dengan kerudung berwarna serasi.

Setelah tampil dengan warna serba pastel yang kalem, Kahiyang mencuri perhatian saat pesta adat ketiga yaitu Manortor. Kahiyang memakai kebaya orange dengan makeup yang lebih bold dari makeup artist asal Jakarta Barry Irawan.

Saking banyaknya rangkaian acara, acara Manortor pun digelar semalam suntuk. Malam harinya, Kahiyang dan Bobby berganti baju. Mereka memakai baju bernuansa cokelat. Sama seperti pada pagi hari, Kahiyang memakai kain ulos yang disilangkan di bagian dadanya serta aksesori khas pengantin Tapanuli Selatan.

Seluruh kebaya Kahiyang untuk prosesi adat dikerjakan oleh penjahit rumahan asal Medan, Dahnila Nasution yang akrab disapa Ibu Nila dari Mojo Kebaya. Ia merupakan penjahit lokal langganan ibunda Bobby Nasution.

 

Masih ada satu lagi kebaya warna merah yang dipakai Kahiyang di prosesi Tu Tapian Raya Bangunan, sehingga total kebaya buatan Ibu Nila adalah lima looks.

Bahan dan warna dipilih langsung oleh ibu mertua Kahiyang Ayu. Kahiyang tinggal diukur, kemudian kain-kain itu dijahit menjadi pakaian yang enak dikenakan selama acara adat berlangsung.

"Mbak Kahiyang cuma request ke Ibu agar jangan buat yang terlalu seksi, terlalu terbuka, harus yang sopan. Dia tidak suka yang terlalu terbuka-buka. Dan tetap harus cantik," kata Nila saat dihubungi Liputan6.com.

6 dari 7 halaman

Resepsi Kedua Kahiyang-Bobby

Setelah menjalani serangkaian acara adat, tibalah pada resepsi kedua yang diselenggarakan di Bukit Hijau Regency Taman Setiabudi (BHR Tasbi), Minggu 26 November 2017. Kahiyang tampil dengan kebaya warna hijau lemon menjuntai yang terlihat fresh rancangan Vera Kebaya.

Tuntas sudah tugas Kahiyang selama sepekan berkutat dengan pesta adat. Bisa jadi rasanya plong banget, apalagi Kahiyang juga memakai bulang berlapis emas khas pengantin Tapanuli Selatan di kepalanya.

"Kayaknya kenapa, sih, repot-repot banget ya. Ngadain pesta adat dan pakai bulang yang bikin pusing kepala. Tapi kalau intinya seluruh rangkaian yang dijalani adalah doa yang mengharapkan kebaikan dan makna baik lainnya, pasti tetap happy ngejalaninnya. Sama seperti Kahiyang yang pasti happy didoain banyak orang," ujar putri Miranda Gultom, Winda Malika Siregar yang juga menjalani pesta tiga hari tiga malam saat pernikahannya.

7 dari 7 halaman

Ikut Viral karena Kahiyang

Mantan Ganteng

Momen lepas lajang putri semata wayang Presiden Jokowi tak lepas dari kepingan masa lalu. Hal itu terlihat saat sang mantan kekasih Kahiyang, Haydar Pratama mendapat sorotan juga dari masyarakat dan netizen.

Sosok pilot ganteng salah satu maskapai penerbangan di Indonesia ini juga sempat viral dibicarakan di media sosial. Dalam akun instagram yang memiliki sekitar 24 ribu follower ini memperlihatkan Haydar melakukan perjalanan keliling dunia.

Paspampres Ganteng

Anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Pratu Daniel Daryan juga mencuri spotlight dari pernikahan Kahiyang di Solo, Jawa Tengah. Dengan seragam beskap, kain jarit, dan blangkon, Daniel terlihat gagah saat mengawal dan menempel presiden.

Ketampanan dan gagahnya Daniel membuat netizen salah fokus. Daniel pun menjelma menjadi selebritas yang langsung mendulang popularitas secara instan.

Jan Ethes dan Selvi Ananda

Ibu muda dan anaknya ini juga mencuri hati masyarakat. Jan Ethes dengan kegemasannya sebagai batita yang anteng mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan Selvi dengan kecantikannya.

Cucu pertama presiden Jokowi itu memang terlihat menggemaskan dengan beskap dan selop mungil. Sementara Selvi tampil memukau di rangkaian pesta adat dan resepsi pernikahan Kahiyang Ayu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.