Sukses

7 Trik Membaca Cepat, Lebih Hemat Energi Banyak Informasi

Ingin tahu bagaimana caranya membaca cepat? Simak tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Membaca adalah cara termudah untuk mendapatkan informasi. Di dunia yang penuh dengan informasi, sangat penting untuk mengetahui informasi tersebut dengan cepat dan mudah. Anda butuh cara terbaik untuk mengetahui semua informasi tersebut. Untuk membantu Anda, dilansir dari Bright Side pada Senin (11/12/2017) ada tips yang bisa membantu Anda membaca sebanyak mungkin dengan cepat. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak informasi berguna. Yang pasti, akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

1. Jangan baca untuk diri sendiri

Ketika membaca, biasanya kita mengucapkan apa yang kita seakan Anda bercerita kepada diri Anda sendiri. Dan ini akan mengurangi kecepatan membaca secara signifikan. Anda harus berhenti melakukan ini. Kunyahlah permen karet saat Anda membaca dapat membantu menghentikan kebiasaan ini karena otot-otot mulut dan lidah Anda membuat perhatian Anda teralihkan untuk tidak berbicara dengan diri Anda sendiri.

2. Jangan baca setiap kata

Normalnya seseorang mampu memindai teks sepanjang 4 sentimeter yang biasanya berisi 3 sampai 5 kata. Jadi daripada Anda membaca setiap kata, lebih baik Anda memindainya per 3 sampai kata. Gunakan penglihatan tepi Anda jangan fokus pada kata-kata tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mudah Membaca Cepat

3. Buat lebih sedikit pergerakkan mata

Ketika Anda membaca terkadang Anda menemukan kata-kata yang membuat tersentak. Ketika Anda tersentak kemungkinan Anda akan menghentikan penglihatan Anda pada dengan kata-kata yang sangat panjang. Anda harus membacanya lebih cepat untuk mengurangi frekuensi pergerakkan mata per baris. Sehingga Anda tidak terhenti di kata-kata tertentu.

4. Jangan kembali

Pernahkah Anda kembali pada kata-kata yang sebelumnya telah Anda baca? Anda terlalu menghabiskan banyak waktu. Untuk melatih diri Anda agar tidak kembali kepada kata atau baris selanjutnya, Anda bisa gunakan selembar kertas untuk menutupi baris yang sudah dibaca.

5. Baca yang Anda butuhkan

Jika Anda membaca sebuah tulisan dari koran, lebih baik Anda baca judulnya sebelum Anda baca secara keseluruhan. Setelah baca judul, baca juga awal dan akhir di setiap bagian kemudian tandai kata-kata dalam teks. Anda cukup membaca bagian yang relevan dengan tujuan Anda. Bila Anda membaca yang Anda butuhkan, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan poin utama dari teks lainnya.

6. Coba aplikasi spesial

Ada banyak aplikasi smartphone dan software komputer yang menandai sebuah kata dalam waktu yang singkat. Anda juga bisa memilih untuk membaca cepat dengan mengatur kecepatan yang nyaman di aplikasi tersebut.

7.Uji diri Anda

Gunakan timer, periksa berapa banyak kata atau halaman yang bisa Anda baca dalam waktu 1 menit. Lakukan secara rutin dan menentukan pencapaian Anda. Latihan secara rutin akan membantu Anda menemukan kecepatan yang sesuai dengan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.