Sukses

Jalanan Kota Jogja Penuh Bercak Putih, Ternyata Ini Penyebabnya

Banyak yang bertanya-tanya mengapa jalanan di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Mayor Suryotomo, Yogyakarta, muncul banyak bercak putih.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bertanya-tanya mengapa jalanan di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Mayor Suryotomo, Yogyakarta, muncul banyak bercak putih di aspal jalan. Usut punya usut bercak putih tersebut ternyata berasal dari kawanan burung Sriti yang sedang bermigrasi. 
 
Burung-burung itu sudah berada di sepanjang jalan Mayor Suryotomo semenjak muncul siklon cempaka. Mereka berada di atas pohon di tengah jalan Mayor Suryotomo dan di atas kabel listrik jalanan itu. Anehnya kawanan burung ini hanya bertengger di sepanjang jalan tersebut dan tidak di kawasan lain.
 
"Sebelum ganti musim itu ya, akhir November ini. Baru aja kok," ujar Hendra, seorang pedagang.
 
Menurutnya burung-burung itu berjumlah ribuan dan berada di jalanan. Biasanya burung burung itu akan berada diatas pohon dan kabel.
 
"Ya baru pertama kali di jalanan ini. Biasanya di Taman Budaya Yogyakarta baru pindah ke sini," ujar Hendra. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pengamat Burung

Terkait hal ini, pengamat burung dari Yayasan Kutilang Indonesia Imam Taufiqqurahman kepada Liputan6.com mengatakan, burung yang berjumlah ribuan itu bukanlah burung Sriti. Namun burung layang layang Asia. Burung-burung ini dari Asia Timur dan Eropa. 
"Sriti itu dari Walet, dari famli Apodidae, layang-layang itu Hirundinidae. Itu layang-layang Asia," katanya.
 
Burung-burung itu migrasi dari tempat asalnya menuju ke Indonesia. Kawanan burung ini akan berhenti selama beberapa waktu dan kembali ke asal.
 
 "Banyak lokasi di Indonesia dengan jumlah layang-layang terbesar di sekitaran Progo itu hanya saat-sata seperti sekarang," katanya.
 
Imam mengatakan, burung-burung itu akan segera pergi di waktu menjelang pagi. Mereka akan mencari makan dan kembali lagi ke pohon-pohon di kota Jogja. 
 
"Subuh itu sudah bubar, nyebar. Progo tu lokasi roosting," katanya. (Yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini