Ke Yerusalem? Ini 4 Tempat yang Wajib Dikunjungi

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 07 Des 2017, 16:15 WIB
Yerusalem, Kota Suci Tiga Agama

Liputan6.com, Jakarta Yerusalem sedang banyak diperbincangkan setelah Presiden AS Donald Trump pada Rabu waktu Washington secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Keputusannya tersebut "bertentangan" dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade. Pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Terlepas dari keputusan Trump, Yerusalem adalah kota yang menarik untuk dikunjungi. Disebut kota suci tiga agama, Yerusalem pun memiliki destinasi wisata yang kental dengan nuansa agama.

1. Kota Tua Yerusalem

Ini merupakan lokasi yang bersejarah. Anda belum bisa dikatakan mengunjungi Yerusalem jika belum mengunjungi Kota Tua Yerusalem. Kota ini disebut juga dengan kota suci terutama bagi agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Di sini, Anda bisa menemukan banyak bangunan bersejarah dan museum. Lokasi ini dapat dijelajahi dengan berjalan kaki.

2. Masjid Al-Aqsa

Ini adalah masjid ketiga paling suci bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah ke masjid Al-Aqsa dalam semalam. Peristiwa ini disebut dengan Isra Miraj. Letak masjid ini berada di kompleks bangunan lama Kota Lama Yerusalem. Kompleks masjid ini dimana di dalamnya juga ada kubah batu disebut sebagai tanah suci atau tanah yang mulia. 

 

1 of 2

Destinasi Wisata di Yerusalem

3. Gereja Makam Kudus

Ini adalah gereja Kristen di Kota Lama Yerusalem. Situs tradisional Golgota, di dalam gereja "Gereja Makam Kudus". Situs ini dipercaya oleh banyak orang Kristen sebagai Golgota, tempat Yesus disalibkan. Gereja ini menjadi tujuan peziarahan Kristen sejak abad keempat, sebagai tempat wafat dan kebangkitan Yesus.

4. Tembok Ratapan West Wall

Di tempat ini, banyak ditemui orang-orang berdoa bahkan menangis dan histeris meratapi dosa-dosa. Tembok ini dianggap lokasi suci bagi umat Yahudi. Ada pula yang menyelipkan kertas permohonan di tembok tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓