Belajar Melihat Peluang dari si Ekstrovert

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 07 Des 2017, 16:30 WIB
Belajar Melihat Peluang dari Si Ekstrovert

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpikir bahwa sosok ekstrovert adalah pribadi yang dangkal karena mudah mengekspresikan diri. Bahkan, sepertinya tidak ada yang patut ditiru apalagi dipelajari dari sosok ekstrovert ini. Namun, jangan salah sangka dulu. Orang ekstrovert sangat suka berada di tengah-tengah kerumunan.

Menurut Jene Kapela, Kepala Sekolah dan Founder dari Jene Kapela Leadership Solutions di Florida, berada di sekitar orang lain akan memberikan energi lebih bagi ekstrovert. Mereka memang senang bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Orang ekstrovert memiliki keuntungan lebih secara sosial. Dilansir dari livestrong, Selasa (5/12/2017), ada hal lain yang bisa kita pelajari dari sosok ekstrovert ini.

1. Komunikator yang canggih

Orang ekstrovert biasanya adalah komunikator yang hebat. Menurut seorang psikoterapis Tina B Tessina, sosok ekstrovert ini mampu menceritakan kisah dan membuat orang-orang di sekitarnya terpesona dan terhibur. Pendapat ini disetujui oleh Jeremy Schwartz, seorang psikoterapis dari Brooklyn dengan mengatakan bahwa ekstrovert merupakan masternya "ngobrol". Mereka berkembang dari pengalamannya bersama orang lain. Tak heran jika sosok ekstrovert memiliki citra positif sebagai komunikator dibandingkan introvert. Citra positif sebagai komunikator ini merupakan citra alami karena ia mampu menemukan interaksi dengan orang lain secara mudah. Anda bisa belajar keterampilan berbicara dan bagaimana berinteraksi di lingkungan sosial dari sosok ekstrovert.

2. Belajar dari jiwa petualang ekstrovert

Ekstrovert memiliki keberanian sosial dan Anda harus mempelajari hal tersebut dari ekstrovert. Sebab, dengan keberanian secara sosial yang dimiliki ekstrovert akan membawa Anda pada konsep baru. Ini akan membuat Anda lebih fleksibel dan mencoba pengalaman baru dengan keluar dari zona nyaman Anda.

1 of 3

Hal yang dapat dipelajari dari ekstrovert

3. Mengambil kesempatan

Biasanya ekstrovert tidak pernah ragu dalam mengambil kesempatan. Bahkan terkadang ekstrovert tidak pernah ragu mengambil kesempatan yang ia sendiri belum tahu bagaimana risikonya. Ini membantu ekstrovert untuk berkreasi dalam hidupnya. Anda pun harus belajar akan hal ini dari sosok ekstrovert. Dengan begitu, Anda bisa belajar menghadapi kondisi yang tak terduga.

4. Menikmati jaringan sosial

Sosok ekstrovert yang mudah bergaul dan berinteraksi dengan kehidupan sosial membuat ia memiliki banyak jaringan. Ini sangat menguntungkan bagi ekstrovert untuk pekerjaan. Beragam interaksi sosial yang dilakoni ekstrovert memberikan dampak positif pada kariernya. Anda bisa belajar untuk mulai hadir ke beragam acara atau kegiatan sehingga Anda memiliki banyak koneksi yang menguntungkan. Tak hanya untuk karier Anda, tapi juga bagi kehidupan percintaan Anda.

5. Memiliki dukungan sosial

Berhubungan dengan orang lain ternyata memiliki dampak kesehatan bagi seseorang. Hal ini karena banyaknya dukungan sosial dari teman, tetangga, dan rekan kerja yang ekstrovert dapatkan. Menurut penelitian, semakin sedikit dukungan sosial yang kita miliki semakin berisiko terhadap kesehatan Anda.

2 of 3

Hal yang dapat dipelajari dari ekstrovert

6. Ramai di rumah

Meski berada di rumah, seorang ekstrovert mampu membuat suasana rumah layaknya di kerumunan orang. Sifat ekstrovert yang ramah akan menghadirkan diskusi yang lebih luas. Orientasi dari sosok ekstrovert adalah pada tindakan yang ia lakukan secara berkelompok. Dengan begitu, ekstrovert lebih senang aktif secara fisik, seperti berolahraga. Anda bisa belajar dari sosok ekstrovert yang tidak bisa diam bagi kesehatan Anda karena Anda akan punya komitmen lebih untuk berolahraga.

7. Melihat peluang

Keinginan ekstrovert untuk selalu berinteraksi dengan orang lain membuat ia selalu mencari peluang untuk ngobrol. Mereka bisa membuat suasana yang nyaman dengan cerita mereka sehingga orang lain nyaman berinteraksi dengan mereka. Anda bisa belajar dengan membuka kesempatan orang lain berbicara dengan Anda. Karena semakin Anda berinteraksi dengan orang lain, Anda akan semakin paham akan karakter individu.

8. Berperilaku seperti ekstrovert dan temukan kebahagiaan

Sebuah penelitian menunjukkan adanya korelasi antara ekstrovert dan kebahagiaan. Jika Anda bukan ekstrovert, jangan khawatir. Anda bisa merasakan kebahagiaan Anda sendiri. Karena sebuah studi lain pun menunjukkan bahwa hanya dengan berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain memiliki dampak yang membahagiakan. Berperilaku layaknya ekstrovert akan memberikan emosi dan kebahagiaan positif yang lebih besar.

Lanjutkan Membaca ↓