Sukses

Riau Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

Provinsi Riau berhasil menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 pada pada Sabtu, (25/11/2017) malam.

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Riau berhasil menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 pada pada Sabtu, (25/11/2017) malam.

Provinsi yang terkenal dengan julukan homeland of melayu itu, berhasil meraih tujuh Anugerah API. Ketujuh penghargaan itu adalah, Makanan tradisional terpopuler Bolu Berendam Indragiri Hulu, Situs Sejarah terpopuler Istana Siak Kabupaten Siak, tempat berselancar terpopuler Bono Kabupaten Pelalawan.

Riau juga mendapatkan jawara Atraksi Budaya Terpopuler Bakar Tongkang Kabupaten Rokan Hilir, Festival Pariwisata terpopuler, Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi, minuman tradisional terpopuler Laksamana mengamuk dan Objek Wisata belanja terpopuler, Pasar Bawah, Pekanbaru.

Anugerah Pesona Indonesia itu diberikan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, yang diwakilkan oleh, Sekretaris Kementerian Pariwisata Uus Kuswara di Studio 3 Metro TV, jalan Kedoya, Kebun Jeruk, Jakata Barat.

Sekretaris Kemenpar RI, Ukus Kuswara, pada saat menyampaikan sambutannya mengatakan, kegiatan API diselenggarakan guna menjadi kalibrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan standar nasional bahkan dunia.

"Diharapkan even ini menjadi konfidensial sehingga dapat menciptakan pengakuan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap sektor pariwisata," kata Sekretaris Kemenpar, Uus Kuswara.

Ukus Kuswara juga berharap kepada seluruh daerah, dengan adanya anugerah API itu, dapat semakin giat bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.

Dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia. Serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia melalui media internet yang melibatkan masyarakat umum. Periode pemungutan suara (voting) sendiri dilakukan sejak tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menuturkan, saat ini pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan presiden Joko Widodo sedang gencar-gencarnya mengangkat sektor Pariwisata.

"Guna mensinergikan program itu pemerintah provinsi Riau bersama Kabupaten/Kota harus berperan aktif lagi, agar program pariwisata yang sedang ditingkatkan oleh pemerintah pusat sejalan dengan program di daerah," tutur Gubernur Riau yang kerab disapa Andi Rachman.

Mananggapi soal API Andi Rachman mengungkapkan, terima kasih kepada Kementerian Pariwisata, karena telah memberikan kepercayaan kepada Riau untuk menjadi juara umum.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras pemerintah provinsi Riau, bersama pemerintah Kabupaten/kota, komunitas, media massa, pihak swasta dan seluruh lapisan masyarakat yang telah memiliki komitmen untuk memajukan sektor pariwisata termasuk Ekonomi Kreatif khususnya Kuliner," ungkapnya.

Semoga Anugerah ini dapat memberikan semangat baru dalam mendorong sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkapnya lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengucapkan selamat dan merupakan sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di Riau.

"Selamat kepada Provinsi Riau. Dengan adanya juara umum ini artinya wisata Riau sudah mulai dikenal banyak orang, bukan hanya lokal tetapi dunia," ujarnya.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Serta mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini