Sukses

Luwesnya Presiden Jokowi Manotor dengan Setelan Jas Biru

Presiden Jokowi mahir manotor dalam pesta adat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi melakukan manotor bersama keluarga dari Bobby Nasution sebagai pembukaan pesta pernikahan adat Kahiyang-Bobby di Bukit Hijau Residence, Medan, Sabtu (25/11/2017).

Setelah diberikan ulos pada acara penyambutan, Presiden Jokowi kemudian melakukan manotor. Presiden Jokowi sendiri mengenakan setelan jas berwarna biru. Setelan jas biru Presiden Jokowi kemudian disarungi kain songket. Busana khas Mandailing Tapanuli ini terlihat begitu bersahaja.

Ditemani Raja adat dan keluarga Bobby Nasution, Presiden Jokowi tampak luwes menari bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Luwes menari tortor

Selama melakukan manotor, Presiden Jokowi tampak luwes mengikuti alunan irama gondang dua yang dimainkan. Hal ini disebabkan karena sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mempelajari bagaimana caranya manotor melalui youtube.

Dalam prosesi manotor ini, Presiden Jokowi beserta keluarga Bobby ditaburi beras kuning yang bermakna permohonan kesejahteraan dan kemakmuran bagi kedua mempelai.

Seharusnya beras kuning tersebut dicampur dengan uang koin. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada Presiden Jokowi, uang koin tersebut tidak dimasukkan ke dalam beras kuning.

Prosesi manortor sendiri memiliki makna sebagai permohonan doa, perlindungan, keselamatan dan kesejahteraan kedua mempelai. Setelah Presiden Jokowi selesai mengenakan manotor, ulos yang digunakannya dilepas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.