5 Kesalahan Menggunakan Uang yang Seringkali Anda Lakukan

Oleh Annissa Wulan pada 26 Nov 2017, 17:00 WIB
20151103-Ilustrasi Mengelola Perencanaan Keuangan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Membayangkan hidup tanpa uang memang sulit, namun bukan berarti Anda bisa berlaku boros. Uang bisa menjadi penyebab utama dari rasa stres dan ketidakbahagiaan dalam sebuah hubungan.

Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (22/11/2017), berikut ini adalah beberapa kesalahan terbesar saat menggunakan uang yang masih sering Anda lakukan sampai sekarang. Penasaran?

1. Berlangganan sesuatu

Ketika melihat harga berlangganan satu aplikasi saja mungkin tidak akan terasa mahal, namun bagaimana jika digabungkan dengan semua tagihan Anda selama satu bulan penuh? Sebuha stidu yang diterbitkan dalam The Journal of Consumer Research menunjukkan ada keterputusan yang mengejutkan antara pengeluaran dan konsekuensi yang dirasakan saat Anda tidak menyerahkan uang fisik.

Menurut penelitian lainnya, orang yang menggunakan uang tunai lebih fokus pada biaya transaksi, sementara Anda yang menggunakan pembayaran tidak tunai lebih berkonsentrasi pada keuntungan pembelian.

2. Membuat tabungan kontribusi yang tidak realistis

Dampak tidak berhemat akan mempengaruhi masa depan Anda, yang juga merupakan sumber stres dan kecemasan luar biasa. Dalam sebuah studi, 29 persen wanita mengakui bahwa menabung untuk masa pensiun merupakan sumber kecemasan finansial yang besar dan penyebab stres nomor satu di Amerika.

Jika Anda merasa tertekan untuk mengurangi waktu dan menghemat tabungan, jadilah realistis terhadap kontribusi Anda dan buat dana darurat sesuai anggaran. Jualah beberapa barang yang tidak perlu untuk menghasilkan pendapatan atau uang tambahan.

 

1 of 2

3. Biaya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan

Banyak orang cenderung meremehkan biaya dan gagal memeriksa akun secara teratur untuk memahami dampaknya terhadap saldo bank. Tinjau ulang biaya cetak yang dikeluarkan oleh bank dan lakukan penarikan uang sebisa mungkin, agar tidak melakukan transaksi menggunakan kartu debit.

4. Fokus pada masa sekarang

Keamanan finansial sejati mencakup perlindungan dan pertumbuhan pendapatan, bicaralah dengan profesional bagaimana seharusnya melindungi diri sendiri dari masalah tak terduga.

5. Buat simpanan untuk kesehatan

Generasi milenial merasa dirinya tidak akan mengalami kesehatan yang buruk, yang faktanya 63%-nya tidak memiliki cukup uang untuk menutupi keadaan darurat. Cobalah jangan melewatkan biaya atau simpanan kesehatan sebagai pertimbangan atau pilihan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓