Sukses

4 Kesalahan yang Kerap Keliru dalam Gaya Hidup Sehat

Tanpa disadari berikut 4 hal yang sering dianggap keliru saat menjalankan gaya hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup sehat kini semakin banyak diterapkan, dari mulai olahraga, menjauhi rokok, meninggalkan minuman alkohol hingga makan makanan sehat. Tapi tahukah Anda, masih banyak kesalahan yang serig ditemukan dalam penerapannya. Apalagi daam hal memilih makanan dan cara Anda menyantapnya.

Dirangkum dari thisisinsider.com, menurut Direktur Pusat Manajemen Nutrisi di Boston Medical Center dan profesor Kedokteran di BU School of Medicine, Dr. Caroline Apovia, serta Lisa DeFazio seorang ahli gizi selebriti dan penulis buku "The Women's Health Big Book of Smoothies", ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari dan harus segera diperhatikan saat menjalankan gaya hidup sehat.

1. Beramsumsi Roti Gandum adalah yang Terbaik

Fakta yang ditemukan Dr. Apovian dalam hal ini sebenarnya roti gandum memiliki jumlah kalori yang sama banyaknya dengan roti putih.

2. Olahraga Kunci Utama Membuang Kalori

Berpikir bahwa olahraga merupakan kunci utama dari pola hidup sehat merupakan kesalahan. Olahraga memang hal penting namun Anda harus mengimbanginya dengan pola makan yang baik. Pasalnya Anda tidak akan mendapatkan efek apapun dari olahraga jika pola makan yang Anda jalani buruk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menggunakan Topping Berlemak dan Berkalori Tinggi untuk Salad

Kesalahan yang sering teradi dalam hal ini adalah penggunaan topping. Banyak orang tidak memperhatikan kandungan dari topping yang digunakan ternyata mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)

4. Berpikir untuk Selalu Membuang Kalori

Banyak orang berpikir bahwa kalori haruslah dibuang. Padahal kalori yang harus dibuang ialah kalori yang berlebih di tubuh Anda. DeFazio mengemukakan bahwa setiap orang membutuhkan kalori dalam jumlah yang cukup untuk tubuhnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui berapa jumlah kalori per hari yang harus dikonsumsi dan bagaimana mengontrolnya.

Risqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.