Sukses

5 Olahan Jengkol Unik yang Enak di Festival Jengkol 2017

Penggemar jengkol harus coba lima olahan unik makanan berbahan dasar jengokl di Festival Jengkol 2017. Dari steak sampai burger jengkol

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi Anda pecinta jengkol. Jika bosan dengan olahan jengkol yang itu-itu saja, Festival Jengkol 2017 mengadirkan varian berbeda.

Di antaranya steak jengkol, burger jengkol, sate jengkol, Festival Jengkol 2017 yang digelar mulai 17 hingga 19 November di Bellanova Country Mall, Bogor, Jawa Barat.

Salah satu restoran penyaji berbagai olahan jengkol, Greenspot healthy cafe, siap memanjakan Anda dengan kelezatan khas jengkol . Olahan saja apakah itu? Simak rangkumannya berikut ini

1. Steak Jengkol

Mungkin Anda sudah terbiasa mengonsumsi steak yang terbuat dari daging. Lalu, bagaimana jika steak terbuat dari jengkol? Surprisingly enggak terasa jengkolnya. Jengkol yang ditumbuk halus bercampur tapioka menjadi hidangan baru yang lezat.

Bahkan bagi Anda yang selama ini tidak suka jengkol, pasti bisa ditelan dengan sempurna. Dengan harga Rp 24 ribu, Anda bisa menikmati steak jengkol.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Burger Jengkol

Lupakan roti dengan isian patty khas Amerika, burger. Di Festival Jengkol 2017, burger dinikmati dengan jengkol. Rasanya mirip seperti steak jengkol tapi teksturnya lebih kasar. Harganya? Rp 12 ribu saja. Tertarik?

3 dari 5 halaman

3. Kerak Jengkol

Siapa yang tidak kenal dengan kerak telor? Makanan khas Betawi ini menjadi favorit banyak orang, terutama jelang perayaan ulang tahun Ibukota Jakarta.

Namun apakah Anda pernah mencoba kerak telor jengkol? Cara pembuatannya hampir sama dengan kerak telor Betawi.

Menurut Babeh Cook, salah satu chef dari Indonesia Chef Association, penambahan jengkol dalam kerak telor berfungsi untuk menggantikan ebi dalam kerak telor biasa.

Bagi Anda yang alergi dengan ebi, kini bisa menikmati kerak terlor dengan jengkol.

4 dari 5 halaman

4. Terriyaki Jengkol

Anda pecinta olahan makanan Jepang, seperti terriyaki? Anda wajib mencicipi terriyaki jengkol. Rasa asin, manis, dan gurih dalam bumbu terriyaki membuat Anda tidak sadar bahwa bahan makanan yang digunakan adalah jengkol.

5 dari 5 halaman

5. Rendang jengkol

Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak versi kantor berita CNN pad 2016. Jika biasanya rendang identik dengan olahan daging sapi, kali ini Anda wajib mencicipi rendang jengkol.

Tak berbeda dengan rendang daging, rendang jengkol juga menggunakan teknik memasak dan bumbu rendang pada umumnya. Hanya saja, daging yang menjadi bahan makanan untuk rendang diganti dengan jengkol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini