Sukses

Cari Tahu Jadwal Cuci Baju Berdasarkan Berapa Kali Pemakaian

Tak perlu buang tenaga untuk mencuci baju yang baru dipakai sekali atau dua kali, cari tahu di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah jika Anda tidak perlu selalu langsung cuci baju yang baru sekali digunakan? Sebab, mencuci pakaian terlalu sering dapat membuatnya rusak.

Selain itu, Anda juga tidak perlu capek mencuci banyak pakaian setiap harinya. Apalagi jika dalam sehari, bisa berganti lebih dari tiga kali, seperti melansir dari realsimple.com, Sabtu (18/11/2017)

1. Satu kali pakai

Bahan pakaian yang hanya bisa satu kali pakai dan langsung dicuci adalah baju berwarna putih dan berbahan silk. Pakaian berwarna putih memang lebih mudah kotor dengan timbulnya bercak cokelat di beberapa titik seperti ketiak dan leher.

Adapun pakaian berbahan silk juga lebih mudah lecek. Dengan begitu, pakaian berwarna putih dan berbahan silk harus segera dicuci setelah satu kali pakai.

Selain itu, pakaian renang juga harus dicuci setelah satu kali pakai. Pakaian renang basah mengandung kaporit yang terkandung dalam kolam renang. Jika tidak langsung dicuci, pakaian renang akan berbau dan lama kelamaan akan menjadi kaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dua hingga tiga kali pakai

2. Dua hingga tiga kali pakai

Sweater berbahan katun atau kasmir sering cepat longgar dan rusak karena terlalu sering dicuci meski Anda sudah memperhatikan care label. Selain memperhatikan care label, Anda juga harus memperhatikan berapa kali pemakaian sebelum Anda mencucinya.

Anda bisa menggunakan kembali sweater sebanyak dua hingga tiga kali pakai. Hal ini dapat memperpanjang umur sweater Anda. Selain sweater berbahan katun dan kasmir, pakaian seperti down parkas, vest, legging, dan celana khakis juga dapat Anda cuci setelah dua hingga tiga kali pakai.

3 dari 4 halaman

3. Empat hingga lima kali pakai

3. Empat hingga lima kali pakai

Pakaian dalam umumnya digunakan satu kali pakai kemudian Anda mencucinya. Namun, ternyata pakaian dalam seperti bra tidak perlu dicuci setiap kali pakai. Anda hanya perlu menggantungnya di hanger dan biarkan terkena angin.

Setelah itu, Anda dapat memakainya kembali. Selain bra, jenis pakaian seperti sweater berbahan wol, piyama, sarung tangan, scraf, topi, dan jeans dapat Anda gunakan untuk empat hingga lima kali pakai.

4 dari 4 halaman

4. Enam hingga tujuh kali pakai

4. Enam hingga tujuh kali pakai

Pakaian berbahan berat, seperti fleece, jaket, blazer, dan hoodie kerap kali membuat Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencucinya. Hal ini disebabkan pakaian tersebut menyerap air lebih banyak sehingga Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menggulung, mengucek, hingga memeras. Untuk menghemat tenaga, Anda bisa menggunakan pakaian berbahan berat tersebut dalam enam hingga tujuh kali pakai sebelum dicuci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.