Brand WI dan Seleb Pengusaha Bersinergi Bangun Pariwisata

Oleh Ahmad Ibo pada 14 Nov 2017, 21:00 WIB
Co-branding Wonderful Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Demi menggencarkan semangat promosi pariwisata Indonesia ke berbagai penjuru, Kementerian Pariwisata melakukan sinergi co-branding Wonderful Indonesia, yang dilakukan dengan  penandatanganan Nota Kesepahaman dengan 21 selebritas pengusaha dan perjanjian kerjasama dengan 19 brand korporat, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, hari ini Selasa (14/11/2017). Dalam pertemuan tersebut, Arief Yahya mengatakan, branding Wonderful Indonesia telah berhasil merangsek ke posisi 47, masuk ke klaster satu di antara negara-negara tujuan wisata dunia.

“Dibanding negara-negara lain, kita lebih baik dari Truly Asianya Malaysia yang ada di peringkat 96 dunia. Kita juga jauh lebih baik dari Amazing Thailand,” ungkap Arief Yahya.

 Dengan co-branding ini, ke-21 brand selebritas yang didominasi produk oleh-oleh dan 19 brand korporat akan menggunakan logo “Wonderful Indonesia” pada kemasan mereka.

“Gambar di packaging lebih banyak destinasi daripada merek produk mereka. Di kemasan nanti juga ada tulisan ‘official partner Wonderful Indonesia’, itu bisa meng-endorse produk mereka nantinya,” ungkap Arief Yahya.

Tak hanya itu, co-branding juga memungkinkan produk-produk pengusaha seleb “mejeng” di tiap event pariwisata yang digelar di seluruh Indonesia.

Event ini harganya tidak murah, kita bisa membawa produk-produk ini di tiap event Kemenpar. Ketika yang hebat dijaadikan satu, kita akan mendapatkan lebih. Tapi ini sangat berisiko kalau produknya tidak bagus, kasihan branding Wonderful Indonesia-nya. Makanya akan ada seleksi di tahun-tahun depan. Kalau dalam sepakbola ada yang terdegradasi,” kata Arief yahya.

 

 

1 of 2

Kerjasama yang Hebat

Co-branding Wonderful Indonesia
Foto: Dok. Kementerian Pariwisata.

Arief Yahya mengatakan, dalam melakukan co-branding Wonderful Indonesia dengan artis entrepreneur sebagai endorser akan sama-sama mengembangkan kerjasama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh para endorser (infotainment) maupun media jaringan Kemenpar. Hal ini dilakukan demi mencapai target kunjungan 20 juta wisman dan 275 pergerakan wisatawan nusantara.

Berikut deretan selebritas pengusaha yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia.

Minang Mande Cake (Rossa)

Brand Banana Foster Cake (Henki Kurniawan)

Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra)

Rain Cake (Shireen Sungkar)

Cinnamon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto) Scrummy (Dude Herlino)

Premio (Baim Wong)

Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh)

Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi)

Reallycake (Prilly Latuconsina)

Pekanbaru Cassata (Denny Cagur)

Savvanacake (Fitri Carlina)

Lenso Manado (Gracia Indri)

Cirebon Sultana (Indra Bekti)

Palembang Lamonde (Irwansyah)

Gigieatcake (Raffi Ahmad dan Gigi)

Brand fashion Mandjha.ivangunawan (Ivan Gunawan)

Urban Lips (Cathy Sharon)

Cirebon Kelana (Andika Pratama/Ussy S).

Lanjutkan Membaca ↓