Manfaat Jitu Cangkang Telur yang Belum Anda Ketahui

Oleh Mestika Safrini Nasution pada 15 Nov 2017, 07:30 WIB
Tahukah Anda cangkang telur yang biasanya Anda buang begitu saja dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari?

Liputan6.com, Jakarta Setelah memasak telur, jangan langsung membuang cangkangnya. Karena ternyata, cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, lho! Penasaran?

Cangkang telur mengandung 95 persen kalsium yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, seperti menyuburkan tanaman atau bahkan bisa dikonsumsi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak video singkat yang dibagikan oleh akun @5.min.crafts di Instagram berikut ini.

Membersihkan wajan

Cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk membersihkan wajan yang sangat kotor. Caranya, hancurkan cangkang telur, campurkan dengan baking soda dan air secukupnya. Lalu, gosok sebentar dan cuci seperti biasa.

 

1 of 3

Mempertajam pisau blender

Agar pisau pada blender tetap tajam dan anti karat, Anda bisa membersihkannya menggunakan cangkar telur. Caranya, masukkan cangkang telur, haluskan sebentar dan lihat hasil akhirnya. Pisau blender akan kembali seperti baru. 

Ilustrasi Telur (iStock)

Menyuburkan tanaman

Campurkan cangkang telur dengan ampas kopi dan kulit pisang hingga halus. Kemudian, aplikasikan pada setiap tanaman yang Anda punya di rumah. Tunggu dan lihat hasilnya, tanaman yang layu akan kembali tumbuh dengan subur.

2 of 3

Sebagai kalsium

Banyak yang tidak menyadari bahwa cangkang telur bisa dikonsumsi sebagai bubuk kalsium. Cuci cangkang telur hingga bersih dan rebus selama beberapa menit, lalu panggang sebentar dalam microwave. Kemudian, haluskan menggunakan blender hingga menjadi bubuk.

Ilustrasi Telur (iStock)

Penumbuh tanaman

Cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk penumbuh tanaman di rumah. Masukkan bibit rumput ke dalam cangkang telur dan siram dengan air. Tunggu beberapa minggu, tanaman Anda akan tumbuh dengan sempurna.

Lanjutkan Membaca ↓