Sukses

Pameran Outdoor Terbesar di Indonesia Akan Digelar di Makassar

Indonesia International Outdoor Festival (II-OUTFEST) akan digelar di Makassar dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia International Outdoor Festival (II-OUTFEST) yang merupakan pameran peralatan dan perlengkapan aktivitas outdoor terbesar di Indonesia akan digelar di Celebes Convention Center, Kota Makassar, pada 23 - 26 November 2017 mendatang. 
 
Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, perhelatan Outfest di Makassar yang mengusung tema "To East" ini akan mengolaborasikan outdoor activities dengan promosi pariwisata dan budaya Sulawesi Selatan, khususnya yang bersifat petualangan. 
 
Ketua Panitia lndonesia International Outdoor Festival (Outfest) Makassar, Ruslan Zulkarnain mengungkapkan bahwa alasan kolaborasi tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pihak pelaksana sebagai putra daerah. 
 
"Sebagai orang Sulawesi Selatan, saya dan teman-teman bersepakat mengambil peran dalam promosi pariwisata dan kebudayaan daerah kami (Sulawesi Selatan). Ke depan, kami berharap setiap warga Sulawesi Selatan menjadi ambasador atau duta pariwisata dan kebudayaan untuk daerahnya, termasuk para pencinta alam. Dan melalui Outfest 2017, kami mengawali mimpi itu," kata Ruslan Zulkarnain, saat menggelar jumpa pers di Makassar, Senin (13/11/2017). 
 
Tema yang diusung pun lanjut penggiat alam bebas yang akrab disapa Cullang ini merupakan manifestasi dari mimpi-mimpinya, yaitu untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pintu gerbang pariwisata dan budaya petualangan di Indonesia Timur.
 
"To East adalah sebuah analogi perjalanan outfest ke Sulawesi Selatan yang merupakan pintu gerbang Indonesia Timur, itu adalah tujuan terbesar saya," ungkapnya.
 
Sebagai penggiat alam bebas, lanjut Cullang, dirinya sangat yakin sulawesi Selatan ke depan akan menjadi destinasi petualangan pilihan utama di kawasan timur Indonesia. 
 
"Alasannya jelas, sumber daya alamnya berlimpah, sumber daya manusianya ada, tinggal bagaimana mengkolaborasikan semua pihak terkait untuk bersatupadu mewujudkan Sulawesi Selatan sebagai pintu gerbang pariwisata dan budaya petualangan di Indonesia Timur," imbuhnya
 
Untuk pelaksanaannya sendiri, papar Cullang, Outfest Makassar 2017,  menargetkan jumlah pengunjung sebanyak sebanhak 25.000 Orang. ”Kami melibatkan puluhan komunitas dan exhibitor, termasuk menyiapkan area foodcamp, music camp dan outdoorland bagi para pengunjung,” tambahnya.
 
Sementara itu, Outfest Founder, Ronie lbrahim menjelaskan bahwa festival outdoor yang digagasnya ini awalnya bertujuan untuk memberikan ruang dan mempertemukan seluruh pelaku industri outdoor, komunitas dan para stakeholder. 
 
"Kami ingin menyediakan kesempatan bagi seluruh komunitas dan stakeholder di bidang outdoor untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman termasuk mempromosikan produk dan jasa dari industri utdoor, rekreasi, adventure dan travel kepada masyarakat umum," terang Ranie yang juga pengagas terbentuknya Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia. 
 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali di Makassar

Ronie menyebutkan, Outfest ini pertama kali digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 14 April 2015 dan berhasil mencatat 49.350 pengunjung. Lalu pelaksanaan kedua di Bandung, pada 2-6 Maret 2016, yang ketiga dilaksanakan di Surabaya 10-13 November 2016, kemudian yang keempat kembali di laksakan di Jakarta pada tanggal 30 Maret hingga 2 April 2017 lalu di Lanud Husen Sastranegara, Bandung pada tanggal 1 hingga 4 April 2017 lalu.

"Kali ini kita adakan di Makassar, pasti akan sangat seru," sambungnya.

Untuk pelaksanaan di Makassar 23-26 November 2017 mendatang, Ronie memastikan bahwa selain pameran dan penjualan aneka peralatan dan perlengkapan outdoor, pihak pelaksana juga akan menggelar workshop, talkshow, foodcamp, outdoorland serta pameran destinasi wisata, pameran usaha kecil menengah (UMKM), serta pertunjukan seni budaya dan kuliner khas daerah.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan kami terhadap pengembangan kepariwisataan Sulawesi selatan. Berdasarkan catatan kami, setidaknya telah ada tiga event promosi pariwisata di Sulsel, yakni Lovely Toraja, Celebes Travel Mart, dan Takabonerate Island Expedition. Kami berharap Outfest kelak bakal menjadi rangkaian event promosi selanjutnya, khususnya untuk mengangkat potensi pariwisata petualangan di Sulawesi Selatan," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ronie dan Cullang menyimpakan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, terutama pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulawesu Selatan terkait pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional ini di Makassar.Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Numang, menyambut baik kegiatan ini, la pun memastikan akan mendukung penuh acara yang akan berlangsung selama empat hari itu.

"Kami siap memberikan dukungan demi suksesnya kegiatan yang bernilai positif itu," kata Agus saat menerima kunjungan panitia pelaksana Outfest di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Agus berharap, dengan hadirnya Outfest di Makassar, destinasi wisata Sulsel bisa semakin dikenal oleh masyarakat di luar Sulsel.

"Pemprov getol mempromoskan destinasi wisata di Sulsel, kita harapkan kegiatan itu juga akan memberi kontribusi positif untuk Sulsel ke depannya kaususnya dibidang pariwisata," harap Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini