Sukses

Lakukan Beberapa Hal ini untuk Merubah Sebuah Kebiasaan

Ingin merubah kebiasaan yang membosankan dalam diri Anda? Lakukan beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang bahwa kebiasaan seseorang mencerminkan siapa orang itu sebenarnya. Menurut Charles Duhigg, penulis buku The Power of Habit, ada tiga faktor yang menentukan kebiasaan seseorang, yaitu reminder atau pengingat, rutinitas dan kepuasan. Ketiga faktor ini ternyata cukup penting karena banyak orang tidak menyadari mengapa mereka melakukan sesuatu secara terus menerus.

Merubah kebiasaan apalagi untuk menjadi lebih baik memang terkadang sulit, namun jika Anda tidak memulai maka kebiasaan yang baik tersebut tidak akan berhasil Anda capai dan akhirnya Anda akan kembali dengan kebiasaan yang sebelumnya.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam mengubah kebiasaan adalah dengan mengubah rutinitasnya. Sebagai pengingat, sadari terlebih dahulu penyebab Anda melakukan suatu kebiasaan lalu cari rutinitas lain saat hal tersebut terjadi.

Misalnya, ketika Anda stres Anda biasa berbelanja tanpa berpikir terlebih dahulu untuk mendapatkan kepuasan tertentu. Saat hal ini terjadi carilah kegiatan lain yang bisa menggantikannya seperti berolahraga atau menonton film komedi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merubah sebuah kebiasaan

Memang tidak semudah yang dibicarakan. Namun banyak penelitian mengatakan kebiasaan akan terbentuk setelah Anda berhasil menjalankannya setelah 14 hari secara berturut.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat goals yang ingin Anda capai, dengan begitu Anda akan bersungguh-sungguh untuk melakukan kebiasaan baru demi tercapainya impian tersebut.

Tulislah rencana yang spesifik untuk mendukung tercapainya goals Anda dan taruh rencana tersebut di tempat yang sering terlihat. Seperti di meja kerja dan pintu kamar.

Risqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.