Sukses

Cara Cerdas Memperbaiki Keramik yang Pecah

Penasaran bagaimana caranya memperbaiki keramik yang pecah dan membuatnya semakin indah? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Keramik atau barang pecah belah mungkin adalah tantangan bagi Anda yang ceroboh. Mungkin beberapa dari Anda juga pernah mencoba untuk merekatkan kembali atau memperbaiki keramik yang telanjur pecah, tapi selalu gagal.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Dilansir dari purewow.com, Jumat (20/10/2017), ada sebuah teknik bernama Kintsugi dari Jepang, yang secara kasar diterjemahkan kedalam "menambal dengan emas".

Kintsugi adalah seni memperbaiki porselen pecah dengan lem emas. Menariknya, ada filosofi di balik Kintsugi.

Alih-alih membuang atau merusak porselen atau keramik, Anda membuatnya menjadi sesuatu yang lebih indah. Pada zaman kuno, Kintsugi dilakukan dengan tepung beras yang dicampur dengan pernis berlapis emas.

Cara ini memakan waktu hingga dua bulan per potong porselen yang Anda coba perbaiki. Jika Anda tidak bisa menemukan lem emas, cukup gunakan lem biasa dan gunakan bubuk emas untuk memperbaiki keramik pecah. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.