Sukses

Banyuwangi Sapa Dunia Lewat Ijen Summer Jazz

Banyuwangi Sapa Dunia Lewat Ijen Summer Jazz

Liputan6.com, Banyuwangi Bila mendengar Banyuwangi, setiap wisatawan pasti akan ingat Kawah Ijen. Namun, di balik pesona blue fire-nya, Banyuwangi juga memiliki even berskala internasional yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya, Ijen Summer Jazz.

Ijen Summer Jazz yang merupakan bagian dari "Banyuwangi Experience", akan menyuguhkan pagelaran musik yang berpadu dengan pemandangan indah alam Gunung Ijen. Even ini akan diselenggarakan di panggung terbuka amfiteater Jiwa Jawa Resort Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, ‪pada 6-7 Oktober 2017‬.

"Selain telinga dimanjakan dengan alunan musik jazz, wisatawan (juga) bisa menikmati kesegaran hawa dan keindahan Gunung Ijen, dan sejuknya hawa pegunungan," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Kamis (21/9/2017).

Ijen Summer Jazz digelar bersama manajemen Jazz Gunung. Menurut Anas, Banyuwangi sengaja berkolaborasi dengan Jazz Gunung karena mereka konsisten mengangkat musik tradisional Indonesia untuk berkolaborasi dengan jazz. Tema yang diangkat adalah "Experiencing Cool Jazz In Ijen".

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY. Bramuda, menambahkan bahwa penyelenggaraan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk edisi 2017 ini, Ijen Summer Jazz diselenggarakan dua hari berturut-turut dengan empat penampilan mempesona di setiap hari penyelenggaraannya.

"Pada hari pertama akan dibuka oleh salah satu unggulan dari ajang festival Student Jazz Banyuwangi. Kemudian, dilanjutkan vokalis Luanada feat. Mathew Sayersz," ucap Bramuda.

Grup Nonaria menyusul dengan ditemani oleh Bonita. Sebagai penutup hari pertama, akan tampil Sri Hanuraga Trio feat. Dira Sugandi yang akan membawakan lagu tradisional/daerah Indonesia dalam balutan jazz.

Hari kedua, Student Jazz Banyuwangi kembali tampil. Setelah itu, show-nya akan dilanjutkan dengan Tropical Transit dari Bali. Sajian berikutnya, disuguhkan Bintang Indrianto Festival. Sebagai penutup Ijen Summer Jazz 2017,Vina Panduwinata hadir bersama musisi Dian HP.

"Bagi yang berminat, tiket Ijen Summer Jazz bisa didapatkan dengan mengakses tiket@jazzgunung.com. Dan seluruh rangkaian acara dihadirkan di arena terbuka amfiteater Jiwa Jawa Resort Ijen yang berkapasitas 300 penonton," kata Bramuda.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, langsung mengangkat emoji tiga jempol. Menurutnya, Banyuwangi memahami betul bahwa mengelola pariwisata tidak hanya cukup dengan menampilkan kebudayaan dan kesenian yang dimiliki, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana potensi tersebut bisa dikelola lebih kreatif dan profesional sehingga menarik untuk disaksikan.

Melihat konsep pentas musik di ketinggian, serta tema Experiencing Cool Jazz In Ijen, Arief melihat Ijen Summer Jazz sudah mulai meneguhkan diri menjadi salah satu gelaran jazz dengan performa tinggi.

"Semoga kualitas penyelenggaraan dengan pencapaian yang tak main-main ini senantiasa dijaga dan menjadi cambuk bagi penyelenggara untuk terus menyuguhkan musik jazz yang harmoni dengan alam. Di sana kita sapa dunia lewat alinan musik pegunungan Ijen yang jazzy," ujar Arief. 


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini