Sukses

Coba 8 Ide Cerdas Pertolongan Pertama Saat Menstruasi

Inilah delapan ide cerdas untuk pertolongan pertama saat sedang menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan wanita, mungkin hari pertama saat haid atau menstruasi adalah saat yang berat dan melelahkan. Terlebih jika Anda mengalami darah yang tembus di celana atau nyeri perut yang tak tertahankan.

Dilansir dari video singkat yang diunggah akun @5.min.crafts, Anda bisa mencoba delapan cara tepat dan cerdas pertolongan pertama saat sedang menstruasi berikut ini.

1. Jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan saat menstruasi dan tak sadar darahnya tembus ke celana, cepat-cepat tutupi dengan kemeja atau jaket. Tentu saja harus segera pulang dan dibersihkan, ya.

2. Terkadang, hari pertama menstruasi, darah yang keluar cukup banyak sehingga bisa saja tembus ke celana dalam. Untuk membersihkannya, coba cuci celana dalam Anda menggunakan air dingin dan kucek sebentar. Lalu, tuang cairan hydrogen peroxide dan cuci kembali hingga bersih.

3. Saat darah menstruasi tembus ke celana jeans, Anda bisa membersihkannya menggunakan campuran air dengan garam. Rendam selama semalam dan celana jeans akan kembali bersih.

4. Saat sedang menstruasi, tidur di malam hari pun terkadang menjadi khawatir takut tembus ke seprai tempat tidur. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan mengalasi tempat tidur menggunakan handuk kecil.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ide cerdas pertolongan pertama saat menstruasi

5. Nyeri perut yang tak tertahankan kerap kali melanda saat sedang menstruasi. Coba atasi dengan memasukan sereal ke dalam kaus kaki, ikat dan panaskan sebentar selama 1 menit menggunakan microwave. Kemudian, letakkan sebentar pada bagian perut yang nyeri.

6. Jika Anda baru menyadari menstruasi saat sedang beraktivitas, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah menahan darah yang keluar dengan menggunakan tisu yang dililit di celana dalam terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan sebelum akhirnya Anda pergi membeli pembalut, ya.

7. Nah, untuk membantu menghilangkan rasa nyeri perut, coba angkat kedua kaki Anda ke dinding. Kemudian, lakukan gerakan naik turun.

8. Terakhir, selalu sediakan kotak pertolongan pertama yang berisi pembalut di dalam tas Anda untuk berjaga-jaga jika waktu menstruasi tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.