4 Fakta Menarik Istana Alhamra yang Viral karena Azan

Oleh Akbar Muhibar pada 14 Sep 2017, 15:00 WIB
Istana Alhamra Viral Karena Azan, Jaya Karena Muslim Spanyol

Liputan6.com, Jakarta Muslim memiliki jejak peradaban yang tersebar hampir di seluruh daratan Eropa, salah satunya di Istana Alhamra, Spanyol. Istana yang viral beberapa hari belakangan karena aksi azan Mounaz Al-Nass, pria asal Syria ini, ternyata memiliki keunikan. Seperti informasi yang dihimpun oleh Liputan6.com, inilah beberapa kemewahan dari Istana Alhamra.

Berwarna Merah Pekat
Istana ini bernama Al-Hamra, yang berarti Istana Merah. Meski pada zaman dahulu sudah pernah diputihkan, istana ini menampakkan warna merah dari kejauhan setelah dibangun kembali tahun 1889 saat Spanyol sudah berdiri.

Dulunya istana ini hanya sebuah benteng pertahanan yang terletak di Granada, Andalusia, Spanyol dan dibangun tahun 889 Masehi di bawah reruntuhan benteng Romawi.

Memiliki arsitektur Muslim
Kental dengan arsitektur muslim, istana ini menjadi tempat tinggal berbagai sultan dari Kesultanan Andalusia yang kini menjadi bagian Spanyol. Ada beberapa emir atau kepala pemerintahan yang tercatat pernah mendiami tempat ini, mulai dari Sultan Yusuf I, Muhammad V, Ismail I, dan Sutan Granada. 

Bahkan, istana ini memiliki beberapa ruangan khusus untuk pemerintahan, yang dilengkapi sistem pendinginan yang menggunakan air mengalir. Sehingga suasana nyaman tetap dapat dirasakan, di tengah hangatnya terpaan sinar matahari di pegunungan Andalusia.

 

1 of 2

Perubahan Sultan Jadi Kerajaan

Istana Alhamra Viral Karena Azan, Jaya Karena Muslim Spanyol
The Court Of Lions, salah satu arsitektur muslim yang melambangkan kejayaan. (comakut/Wikipedia)

Dibongkar dan dibangun dengan gaya Eropa
Setelah pendudukan Kristen di wilayah Granada tahun 1492, beberapa bagian istana direnovasi dan diputihkan. Beberapa furnitur bersejarah dipindahkan dan penambahan ruangan yang mengambil arsitektur bergaya Renaisans. Artinya tidak ada unsur geometrik muslim atau kaligrafi dalam ruang tambahan ini.

Menjadi situs warisan UNESCO
Karena kekayaan budaya dan nilai sejarah, UNESCO memberikan gelar Situs Warisan Dunia kepada Istana ini. Tentu saja, arsitektur yang ada di Istana Alhamra sendiri mencerminkan kejayaan muslim di Andalusia, dengan berbagai teknologi maju yang melewati kebudayaan Eropa saat itu. Hingga saat ini, Istana yang ada di puncak bukit ini masih banyak dikunjungi sebagai atraksi wisata unggulan di Granada, Spanyol.

Lanjutkan Membaca ↓