Sukses

Ke Mana Lemak Pergi Saat Anda Turun Berat Badan?

Pernakah bertanya-tanya ke mana lemak pergi saat Anda turun berat badan? Ini jawabannya

Liputan6.com, Jakarta Anda baru saja turun berat badan? Selamat! Namun, pernahkah bertanya-tanya ke mana lemak pergi saat Anda turun berat badan? Apakah melalui kotoran atau urine, atau dengan cara lainnya.

Melansir dari Metro, Jumat (15/9/2017), membakar lemak sering kali Anda dengar berkaitan dengan olahraga. Jika Anda rutin berolahraga serta menjaga diet, lemak di tubuh akan terbakar dengan sendirinya.

Namun, tentu saja kata terbakar tidak secara harfiah terjadi di tubuh. Sebaliknya, lemak akan diubah menjadi bentuk lain, kemudian dikeluarkan oleh tubuh.

Dikeluarkan dalam bentuk apa? Lemak akan mencair atau menjadi otot? Ternyata tidak demikian. Tubuh akan mengubah lemak menjadi karbon dioksida.

Sebuah studi dari UNSW Australia menyebutkan, sebagian besar lemak akan diubah menjadi karbon dioksida. Kemudian, bentuk itu dikeluarkan melalui napas.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi lemak

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menemukan bahwa 10 kilogram lemak diubah menjadi 8,4 kg CO2 dan 1,6 kg air. Lemak dalam bentuk karbon dioksida dikeluarkan melalui napas, sementara dalam bentuk air dikeluarkan melalui urine, air mata, dan cairan tubuh lainnya.

Namun, bukan berarti dengan bernapas lebih cepat Anda dapat membakar lebih banyak lemak. Tubuh perlu mengubah bentuk lemak terlebih dulu dengan olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.