Sukses

Cara Efektif Rawat Luka agar Tak Berbekas di Kulit

Begini cara efektif merawat luka agar tidak meninggalkan bekas di kulit.

Liputan6.com, Jakarta Luka di kulit merupakan hal lumrah terjadi. Dari kegiatan sehari-hari hingga kecelakaan bisa mengakibatkan luka. Jika tidak dirawat dengan baik, luka dapat menimbulkan masalah kulit hingga meninggalkan bekas.

Bekas luka dapat mengganggu penampilan. Sehingga tidak sedikit orang yang berupaya menghilangkan bekas luka di kulit. Namun, sebenarnya lebih mudah lagi mencegahnya timbul.

Melansir dari berbagai sumber, Selasa (12/9/2017), berikut cara efektif merawat luka agar tidak meninggalkan bekas di kulit Anda.

1. Jaga luka tetap lembap
Aplikasikan petroleum jelly pada luka kemudian tutupi dengan plester atau kain kasa. Ini akan mempercepat sembuhnya luka dan meminimalisasi bekas lukas.

2. Pijat luka
Memijat luka setiap hari dengan vitamin E dapat mengurangi risikonya membekas. Namun, hati-hati dalam memijat agar kulit yang sudah hampir kering tidak terkelupas kembali.

3. Hindari matahari
Paparan sinar matahari dapat mempercepat tumbuhnya pigmen. Alhasil, bekas luka di kulit menjadi lebih terlihat karena warnanya lebih gelap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merawat luka

4. Biarkan sembuh dengan sendirinya
Jangan gunakan terlalu banyak produk di luka, apalagi produk yang kasar seperti scrub. Karena hal ini akan memperbesar risiko terjadinya perlukaan yang semakin meluas.

5. Sabar
Proses penyembuhan memakan waktu, bahkan bisa berlangsung lama. Yang jelas Anda harus sabar, ketika luka sudah mengering, jangan tergoda untuk mengelupasnya. Karena hal ini justru akan memperburuk luka dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini