Sukses

Menurut Sains, Ini Cara Lupakan Mantan Kekasih yang Mengejutkan

Ingin melupakan mantan kekasih dengan mudah? Simak caranya berdasarkan sains di sini.

Liputan6.com, Jakarta Putus cinta bisa membuat seseorang merasa dirinya paling menyedihkan dan pecundang ketika mengingat si mantan kekasih, apakah Anda salah satunya? Tentu Anda sering mendengar nasihat dari teman, bahkan keluarga.

Namun, di satu titik, semua nasihat itu tidak lagi berarti dan Anda benar-benar membutuhkan cara baru untuk melupakan mantan kekasih. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Colorado, Boulder menemukan cara ilmiah yang mudah untuk melupakan mantan kekasih, seperti dilansir dari elitedaily.com, Sabtu (2/9/2017).

Penasaran? Kelabui sampai Anda benar-benar melakukannya.

Ya, berpura-puralah Anda benar-benar telah melupakan mantan kekasih. Lakukan apapun yang bisa membantu Anda melakukannya, sampai benar-benar terjadi, Anda telah melupakan mantan kekasih.

Ton Wager, penulis senior dari studi ini, sekaligus profesor psikologi dan neuroscience di UC Boulder menjelaskan bahwa melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan melibatkan hal lain yang memberi harapan, cenderung akan memberikan dampak. Para peneliti melakukan eksperimen terhadap 40 partisipan yang mengalami putus cinta yang tidak diinginkan.

Ke 40 partisipan diminta melihat dua foto, satu foto mantan kekasih dan satu foto teman mereka dengan jenis kelamin yang sama. Secara mengejutkan, hasilnya ketika para partisipan melihat foto mantan kekasih, ada rangsangan panas tidak nyaman di lengan kiri mereka, yang berarti patah hati itu merupakan sakit nyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Melupakan Mantan Kekasih Berdasarkan Sains

Para peneliti kemudian melakukan eksperimen untuk melihat efek plasebo sebagai penyembuh patah hati. Plasebo adalah sejenis zat tanpa efek terapeutik aktif.

Setengah partisipan diberitahu bahwa plasebo yang disemprotkan tersebut akan mengurangi rasa sakit emosional mereka. Setengah lagi diberitahu bahwa plasebo adalah larutan garam sederhana.

Setelah disemprotkan, para peneliti menemukan hasil mengejutkan. Plasebo memberikan perbedaan yang cukup besar. Peserta yang diberitahu bahwa plasebo akan meringankan rasa sakit hati mereka menunjukkan peningkatan pada bagian otak yang mengatur emosi dan penurunan aktivitas otak yang terkait dengan perasaan penolakan.

Rasa sakit hati setelah berpisah dengan mantan kekasih mungkin memang nyata, namun bukan berarti Anda tidak bisa menipu otak untuk mengatasinya. Plasebo juga bisa digantikan dengan minyak aromaterapi dengan harum favorit Anda. Selamat mencoba melupakan mantan kekasih!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.