Sukses

Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres

Jangan khawatir, berikut ini adalah trik cerdas agar tidur lebih nyaman ketika merasa stres. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Tidur menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang yang memiliki banyak beban pikiran atau sedang stres. Ketika stres atau merasa cemas, banyak orang cenderung merasa sulit tidur di malam hari.

Jika Anda juga sering mengalami hal ini, jangan khawatir. Dilansir dari byrdie.com, Kamis (31/8/2017), ada satu teknik pernapasan yang harus Anda ketahui, yaitu 4-7-8. Apa itu?

Sederhana, Anda hanya harus bernapas selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, kemudian lepaskan selama 8 detik berikutnya. Menurut beberapa ahli, teknik ini dapat memberikan efek terhadap otak dan memperlambat detak jantung, membuat tidur di malam hari lebih nyaman.

Ketika merasa stres atau cemas, aliran darah dan detak jantung Anda akan meningkat jauh lebih cepat. Teknik pernapasan ini akan memaksa tubuh untuk memperlambat detak jantung, agar tidur terasa lebih mudah dan nyaman.

Selain itu, ketika merasa stres atau cemas, Anda cenderung tidak bernapas atau tanpa sadar menahan napas. Dengan menarik napas selama 4 detik, Anda memaksa tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen, menahannya selama 7 detik berarti membiarkan oksigen tersebut mempengaruhi aliran darah, sedangkan melepaskannya selama 8 detik berarti mengeluarkan semua karbon dioksida dari paru-paru Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik Tidur di Saat Merasa Stres

Cara ini mungkin akan membuat Anda sedikit pusing pada awalnya, namun terbukti dapat merilekskan hati, pikiran, dan keseluruhan sistem saraf pusat. Teknik pernapasan ini telah lama menjadi bagian dari yoga, namun tidak begitu populer dalam budaya barat.

Cara ini bisa Anda terapkan kapanpun, termasuk jika tiba-tiba terbangun di tengah malam dan mendapati diri sendiri memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dipikirkan. Selamat mencoba mendapatkan tidur yang lebih baik!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.