Sukses

Pantai Maurole Gelar Gala Dinner untuk Yachter Dunia

Pantai Maurole Gelar Gala Dinner untuk Yachter Dunia

Liputan6.com, NTT Puluhan yachter dari belahan dunia berkumpul di balai Kecamatan Maurole, Senin, (28/8/2017). Mereka mendapatkan jamuan spesial dari masyarakat dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Sebanyak sembilan kapal pesiar mini atau yacht bersandar di Pantai Maourole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan ke Pantai Mourole menjadi bagian dari reli bahari berskala internasional bertajuk "Wonderful Indonesia Sail 2017". Mereka berasal dari Swiss, Australia, dan Kanada.

Mereka mendapatkan sambutan hangat dari penduduk lokal berupa jamuan gala dinner dengan menu khas, seperti ikan bakar cakalang, cap cay cumi, dan sate ikan lengkap dengan lontong aregau. Selain makanan, warga juga menampilkan tarian tradisional dari kelompok bermain lengkap dengan pakaian adat Maurole. Sajian tidak kalah menarik adalah opera Dewi Padi yang diperankan oleh pemuda-pemudi setempat.

Bukan cuma bersandar dan menikmati suasana eksotis Pantai Maurole, pagi hari sebelum gala dinner, para yachter tersebut juga berkunjung ke destinasi wisata utama di Ende, yaitu Danau Tiga Warna Kelimutu di Taman Nasional Kelimutu.

Pelaksana Tugas Analisis Data Pasar Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Sutarjo, menjelaskan bahwa sambutan terhadap para yachter tersebut sebagai bentuk atensi masyarakat Maurole terhadap kegiatan pariwisata di Ende.

"Kegiatan tersebut menyambut para pelayar yang telah berlayar sejak Juli dan kini berada di Ende. Sambutan ini bagian dari karakter masyarakat setempat menyambut turis asing dan kegiatan pariwisata di Ende," ucap Sutarjo, yang didampingi I Nyoman Wija Sugiantara, mewakili bidang promosi Wisata Bahari Kemenpar.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarjo sekaligus mempromosikan wisata-wisata di Ende. Yachter bisa menjelajahi destinasi wisata di Ende dalam waktu singkat.

"Dari Maulore, Anda bisa menjelajahi banyak tempat selama perjalanan satu hari. Sekitar Maulore banyak sekali atraksi budaya, serta wisata alam. Silahkan explore," kata dia.

Sutarjo melanjutkan, banyak pulau kecil bisa diakses dari Maulore, salah satunya Pulau Hopping, di mana para yachter bisa snorkling lengkap dengan panorma gugusan batu koral.

"Tempat indah untuk menikmati suasana pantai penuh dengan kedamaian," ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata Ende, Derson Duka, menambahkan, Ende memiliki segudang potensi daya tarik wisata di mana arus dan pergerakan para pelaku wisata dunia di perairan ini mesti dianggap sebagai peluang mengangkat dan mendayagunakan berbagai potensi sumber daya alam dan budaya Indonesia.

"Karena itu, saya mengajak para sailors mengunjungi berbagai obyek wisata di wilayah ini dari berbagai sisi berbeda," ucap Derson.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengucapkan selamat datang untuk para wisatawan yachter.

"Selamat menikmati bahari negara kami dan keramahan masyarakat Indonesia," kata Arief.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.