Sukses

Ini Dia Cara Banyuwangi Savana Cake Kelola SDM untuk Pariwisata

Ini Dia Cara Banyuwangi Savana Cake Kelola SDM untuk Pariwisata

Liputan6.com, Banyuwangi Pariwisata Banyuwangi yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir membawa banyak perubahan dalam kehidupan tatanan sosial masyarakat. Saat ini, semakin mudah ditemukan rumah makan atau tempat oleh-oleh yang dikelola masyarakat lokal.

Produk terbaru adalah Banyuwangi Savana Cake (BSC) yang digadang bakal menjadi oleh-oleh wajib khas Banyuwangi. Pemiliknya adalah Fitri Carlina, penyanyi asli Banyuwangi yang sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Banyuwangi Savana Cake secara resmi diperkenalkan pada Minggu (20/8/2017).

Sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi, Fitri tidak hanya memperhatikan kualitas rasa dan packaging dari BSC, tetapi juga memberikan experience lebih kepada pelanggan saat akan membeli produknya nanti.

Caranya, menyiapkan SDM andal yang dapat menerima dan melayani tamu dengan baik. Hal ini dikatakan Fitri sebagai poin penting karena membeli oleh-oleh sudah menjadi bagian prioritas wisatawan dalam siklus berwisata.

“Untuk ini aku menerapkan prinsip 5S, yakni Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun,” ujar dia.

Prinsip 5S tersebut, imbuh Fitri, ia dapat saat bepergian ke sejumlah destinasi wisata. Sebagai wisatawan tentunya selalu ingin diperlakukan dengan baik. Dengan begitu, pengalaman seorang wisatawan akan semakin sempurna.

“Karyawan semuanya selalu aku sesuaikan dengan senyum dan sopan santun. Menyapa dengan senyum,” ucap dia.

Tak hanya itu, nantinya semua staff di Banyuwangi Savana Cake juga akan mengenakan seragam dengan sentuhan khas Banyuwangi.

“Ke depan rencananya seperti itu. Namun, karena masih mengejar opening besok, jadi Insya Allah dalam waktu dekat semua karyawan aku akan lekat dengan nuansa daerah,” kata Fitri.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa SDM yang memiliki kapabilitas di bidangnya sangat penting dalam industri pariwisata. Sebab, mereka yang akan bersentuhan langsung dengan wisatawan yang karakternya beragam.

“Kesan pertama akan berpengaruh mendalam buat wisatawan. Mereka lah yang menentukan kenyamanan dan kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut dan selebihnya akan menentukan apakah para pengunjung (wisatawan) tersebut akan kembali lagi atau tidak,” ujar Arief.

Lebih lanjut, senyuman juga merupakan identitas bangsa Indonesia yang sudah sangat terkenal dengan keramahan masyarakatnya.

“Jika kita belum bisa melakukan itu untuk diri sendiri, bagaimana kita bisa memperlakukan terhadap orang lain,” ucap Arief.

Kementerian Pariwisata sendiri sebelumnya pernah menggelar kegiatan pelatihan bagi 200 SDM pariwisata di Banyuwangi. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap kepariwisataan di daerah masing-masing.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini