Sukses

Hindari 6 Hal yang Buat Jerawat Anda Semakin Meradang

Intip cara mengatasi jerawat yang timbul pada wajah agar tak semakin meradang.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit wajah yang kerap dialami oleh semua orang. Namun, ada beberapa orang yang timbul jerawat bukan di wajah, melainkan di bagian tubuh lainnya. Banyak hal yang memicu timbulnya jerawat, seperti pola makan yang tidak teratur atau kulit yang kotor. Selain itu juga jerawat yang muncul biasanya perlu perawatan khusus, simak enam hal yang dapat memperburuk kondisi jerawat Anda seperti yang dilansir dari Bustle.com, Selasa (15/8/2017).

1. Terlalu Sering Mencuci Muka
Perasaan risih dan tidak nyaman saat berjerawat membuat Anda ingin sering membersihkan wajah. Padahal, terlalu sering mencuci wajah akan menyebabkan kulit semakin kering. Di saat kulit Anda kering, otomatis akan memproduksi minyak alami pada wajah. Hal ini bisa saja menyebabkan wajah semakin berminyak dan menimbulkan jerawat. Hal yang perlu diperhatikan adalah suhu air saat mencuci wajah. Air yang terlalu panas, juga tidak baik bagi kulit wajah.

2. Memencet Jerawat
Hal yang tidak dapat dihindari oleh banyak orang adalah menyentuh dan memencet jerawat. Hindarilah memencet jerawat, karena bakteri akan menyebar dan merusak jaringan parut. Selain itu, memencet jerawat akan menimbulkan bekas jerawat permanen pada wajah.

3. Handuk dan Sarung Bantal yang Kotor
Banyak yang tidak terlalu memperhatikan kebersihan dari handuk maupun sarung bantal. Ternyata hal inilah, yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Mengeringkan wajah dengan handuk kotor tentunya sangat tidak baik bagi jerawat. Sama halnya dengan tidur menggunakan sarung bantal yang jarang diganti. Sarung bantal dan handuk adalah tempat favorit kuman dan bakteri yang bersarang.

4. Dehidrasi
Dengan minum banyak air putih, terbukti dapat mencegah jerawat semakin parah. Bagi kalian yang suka menahan haus, cobalah untuk menyetok banyak air putih di atas meja kerja Anda. Air putih dapat membantu membuang timbunan lemak dan racun pada tubuh.

5. Gonta-ganti Produk Penghilang Jerawat
Hal pertama yang dilakukan saat muncul jerawat adalah memikirkan cara untuk menghilangkannya, seperti menggunakan obat jerawat. Sering kali, kita beralih dari satu produk ke produk yang lain untuk mendapatkan obat yang cocok. Hal inilah yang menjadikan wajah semakin tidak sehat dan timbul jerawat. Ada beberapa produk jerawat yang membutuhkan waktu untuk bekerja pada kulit, sebaiknya jangan buru-buru mengganti dan mencoba produk yang lain.

6. Pola Makan yang Salah
Usahakan untuk tetap menjaga pola makan pada saat jerawat sedang timbul. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak, ataupun makanan cepat saji. Makan sembarangan akan mengakibatkan jerawat semakin meradang dan susah untuk disembuhkan. Cobalah dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan berolahraga secara teratur.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

https://www.vidio.com/watch/821964-lifestye-meetup-selfiereadymakeup-with-lt-pro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.