5 Trik Tak Lagi Menangis Saat Mengiris Bawang

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 13 Agu 2017, 14:00 WIB
5 Trik Tak Lagi Menangis Saat Mengiris Bawang

Liputan6.com, Jakarta Mengiris bawang menjadi kegiatan yang menyebalkan bagi banyak orang. Maklum saja, meski bawang sangat dibutuhkan untuk memasak, saat mengirisnya juga bisa membuat Anda menangis.

Senyawa dalam bawang dapat menguap saat diiris dan memicu mata bereaksi menjadi perih. Untuk menghilangkan senyawa ini, mata pun mengeluarkan air mata.

Untuk menghindari hal ini, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Melansir dari Brightside, Sabtu (12/8/2017), berikut cara yang dapat Anda lakukan.

1. Gunakan pisau yang sangat tajam
Pisau yang sangat tajam akan mengurangi gesekan dengan bawang yang menyebabkan senyawa menguap lebih banyak. Dengan begini, risiko mata perih karena senyawa tersebut bisa dikurangi.

2. Kunyah permen karet
Gerakan mengunyah dari permen karet akan mengurangi perih pada mata saat terkena senyawa dari bawang.

3. Rendam bawang ke dalam air
Sebelum diiris, rendam bawang di air, setelah dibagi dua, rendam lagi. Ulangi beberapa kali sampai tidak terasa pedih lagi.

4. Gunakan kipas angin
Kipas angin akan membawa senyawa bawang menguap tidak dilangsung ke arah Anda. Maka Anda tidak lagi merasakan pedih di mata.

5. Nyalakan lilin
Nyala api dari lilin akan mengurangi efek dari senyawa bawang pada mata. Maka ini berguna saat lilin diletakkan di sekitar Anda saat sedang mengiris bawang.

Saksikan juga video menarik berikut ini.