Sukses

13 Kebohongan Tentang Wanita yang Dipercaya Banyak Orang

Ternyata, masih ada kebohongan-kebohongan yang dipercaya banyak orang tentang wanita, penasaran apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini banyak kebohongan-kebohongan yang telah lama dipercaya oleh banyak orang, salah satunya adalah tentang wanita. Beberapa kebohongan ini akhirnya terungkap berkat ilmu pengetahuan modern.

Dilansir dari thelist.com, Kamis (10/8/2017), berikut ini adalah beberapa kebohongan tentang wanita yang akhirnya terungkap. Penasaran?

1. Wanita yang sedang menstruasi bisa sangat kuatPliny Elder, seorang penulis Romawi Kuno dan naturalis menyusun sebuah ensiklopedia berjudul Natural History, di mana sebagiannya bercerita tentang kekuatan wanita selama menstruasi. Seperti yang dituliskannya, kekuatan seorang wanita harus diperhitungkan.

Menurut Pliny, seorang wanita bisa membuat besi berkarat, gading kehilangan catnya, dan bilah baja menjadi tumpul, ketika menstruasi. Simak juga video menanrik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

2. Wanita memiliki gigi yang lebih sedikit dari pria

Sebagai seorang ilmuwan, ternyata Aristoteles memiliki pandangan yang sangat tidak ilmiah tentang wanita. Menurutnya, seorang wanita memiliki seri gigi yang tidak lengkap, jauh lebih sedikit daripada pria.

Menurut hirarki sosial Aristoteles, wanita menduduki peringkat yang lebih tinggi dari budak, namun tetap di bawah pria. Dalam dunia politik, Aristoteles menganggap wanita harus melayani pria karena secara fisik dan intelektual, kaum wanita lebih rendah dari pria.

3 dari 13 halaman

3. Wanita memiliki rahim yang mengembara

Selama berabad-abad lamanya, banyak orang percaya bahwa rahim seorang wanita mampu berkeliaran ke sekujur tubuhnya sendiri seperti parasit atau disebut "wandering uterus." Hippocrates, orang Yunani Kuno mampu memecahkan teka-teki "wandering uterus" ini menjadi kesehatan mental dan fisik yang dialami seorang wanita.

4 dari 13 halaman

4. Tidak memiliki dorongan seksual

Sekian lama, keinginan seks dari kaum wanita selalu ditekan, ditanggung menjadi beban yang tidak dapat dinikmati. Impulsnya, wanita akan mendatangi dokter untuk menghilangkan gejala yang mereka rasakan, seperti berfantasi erotis, mudah tersinggung, dan masturbasi.

Untuk mengatasi hal ini, dokter biasanya akan merangsang klitoris wanita dan inilah yang menyebabkan penemuan vibrator. Ini bisa menjadi bukti bahwa kaum wanita memiliki kebutuhan seks yang sama dengan pria.

5 dari 13 halaman

5. Masturbasi bisa menyebabkan dada rata

Pada era Victoria, masturbasi sungguh dianggap sebagai hal yang tidak benar. Beberapa orang mengira, masturbasi akan membuat dada wanita tersebut menjadi rata.

Inilah mengapa kaum wanita dilarang keras menyentuh bagian pribadi mereka sendiri. Selain itu, beberapa perangkat bahkan dipasarkan untuk mencegah masturbasi.

6 dari 13 halaman

6. Membaca dapat membuat seorang wanita tidak subur

Teori ini banyak disebarkan oleh seorang profesor asal Harvard, Edward H. Clarke yang menulis Sex in Education, or A Fair Chance For The Girls. Menurutnya, wanita yang banyak membaca akan menjadi tidak subur dan mudah tersinggung.

Edward juga menyarankan anak perempuan menerima pendidikan terbatas, sehingga tidak merusak kesehatan dan kemampuan mereka membuat bayi. Untunglah, sebuah studi oleh Annie Howes di tahun 1885 dan sebuah makalah oleh Mary Putnam Jacobi di tahun 1887 mampu mematahkan teori ini.

7 dari 13 halaman

7. Memiliki pengaruh langsung terhadap bayi di kandungan

Pada abad ke 18, banyak orang berpikir bahwa seorang wanita dapat secara langsung mempengaruhi penampilan bayinya. Maka dari itu, sebisa mungkin, para wanita yang sedang hamil menghindari hal-hal yang buruk atau tidak sehat, agar tidak merusak bayi yang ada di dalam kandungannya.

8 dari 13 halaman

8. Seorang wanita dianggap kotor jika sedang menstruasi

Gagasan ini ada dalam budaya barat sampai abad ke 20, seorang dokter bernama Bela Schick di tahun 1920 menyebutkan dugaan tentang racun menstruasi. Racun ini dianggap keluar melalui keringat seorang wanita yang sedang menstruasi dan menyebabkan kematian.

9 dari 13 halaman

9. Olahraga berbahaya bagi wanita

Seorang dokter asal Jerman pada abad ke 19 menganjurkan anak-anak perempuan menjauhi olahraga, karena dapat membuat kaki rata, merusak paru-paru, dan menyebabkan sakit perut dan kepala kronis. Seorang direktur lembaga pelatihan senam di abad ke 19 bahkan sepakat bahwa kaum wanita harus menghindari olahraga yang mengharuskan banyak gerakan.

10 dari 13 halaman

10. Ketidaksuburan adalah kesalahan wanita

Untuk menguji kesuburan seorang wanita, bawang putih dan bawang merah akan ditempatkan di dalam vagina seorang wanita. Keyakinan ini mengatakan bahwa jika wanita tersebut subur, maka bau bawang putih akan tercium dari napasnya pada hari berikutnya.

Namun, jika tidak, wanita ini dianggap tidak subur. Uji kesuburan ini dilakukan oleh orang-orang Yunani Kuno.

11 dari 13 halaman

11. Wanita perawan dapat menyembuhkan pria dengan penyakit kelamin

Orang-orang di Inggris dan Amerika Serikat di abad ke 20 menyakini bahwa berhubungan seks dengan seorang wanita perawan dapat menyembuhkan penyakit sifilis dan penyakit kelamin lainnya. Di zaman modern ini, pria penderita AIDS di Sahara Afrika, India, dan Thailand dilaporkan masih mencari wanita muda untuk menyembuhkan penyakit mereka.

12 dari 13 halaman

12. Otak wanita lebih kecil dan kurang cerdas

Kaum wanita di Amerika Serikat baru diizinkan ikut dalam memilih pemimpin di tahun 1920, sedangkan di Swiss, kaum wanita baru boleh memberikan suaranya di tahun 1971. Sebuah gerakan mengklaim bahwa wanita tidak memiliki kemampuan untuk memahami politik.

Otak wanita berfungsi sama baiknya dengan otak pria. Faktanya, otak wanita rata-rata memang lebih kecil, namun ini berkorelasi dengan ukuran tubuh dan tidak berdampak pada kecerdasan seseorang.

13 dari 13 halaman

13. Hanya wanita yang menginginkannya bisa hamil

Ini merupakan sebuah kebohongan yang mengerikan. Beberapa tahun belakangan masih banyak orang percaya bahwa perkosaan yang tidak diinginkan tidak akan bisa membuat seorang wanita hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.