Sukses

Gunung Kidul Gelar Festival Kesenian Yogyakarta Lebih Akbar

Bukan sekadar selebrasi, Gunung Kidul kembali menggarap Festival Kesenian Yogyakarta dengan inovasi dan lebih akbar.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggelar Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2017 di Alun-Alun Wonosari pada Senin sampai Sabtu (1-12/8/2017). FKY akan menampilkan pentas seni dari 25 kelompok yang berasal dari 18 kecamatan dan perwakilan dari luar daerah.

"Pementasan yang dilaksanakan di antaranya pentas musik campur sari, jatilan, dan kesenian reog," ujar Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Gunung Kidul, Ristu Raharja, di Gunung Kidul, Selasa, (1/8/2017).

Adapun rangkaian penutupan FKY rencananya akan diisi dengan kirab seni. Kirab seni digelar dari Alun-Alun Wonosari menuju taman kota ke barat sampai Simpang Tiga Kepek dan kembali ke Kota Wonosari.

"Kamu pun sengaja tidak lewat RSUD Wonosari karena tidak ingin mengganggu operasional rumah sakit," ucap Ristu Raharja.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno menyambut baik digelarnya FKY 2017. Suharno berharap agar dinas kebudayaan memiliki inovasi.

"Jangan hanya sebatas seremonial, tetapi bisa berinovasi. Juga jangan sampai kesenian asli hilang, sehingga anak cucu kita nanti lupa," ujar Suharno.

Sutarmi/Antara News

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.