Sukses

Museum Perang Dunia II Ada di Morotai

Bangsa Jepang kali pertama menggunakan Morotai sebagai pangkalan militer wilayah kekuasaan Asia Pasifik

Liputan6.com, Jakarta Morotai identik dengan Perang Dunia (World War), terutama Perang Dunia ke II. Bangsa Jepang kali pertama menggunakan Morotai sebagai pangkalan militer wilayah kekuasaan Asia Pasifik. Pun demikian dengan pasukan sekutu dengan Amerikas Serikat sebagai komando.

“Lokasinya yang strategis menjadkan Kepulauan Morotai menjadi pilihan tepat untuk membuat benteng pertahanan. Berbagai strategi dan taktik menguasai pulau ini menjadi penting,” tukas Azis Momanda.

Pemerhati sejarah dari Ternate itu mengatakan panglima perang asal Amerika Serikat, Jenderal Douglas Mac Arthur memilih Morotai sebagai basis sekaligus lokasi strategis dalam memenangkan pertempuran Perang Dunia II di kawasan Asia Pasfik.

Terakhir, Indonesia yang kala itu memperjuangkan untuk merebut kembali Irian Jaya ke pangkuan Ibu Pertiwi, Morotai dijadikan pangkalan militer yang strategis.

Berbagai kisah heroik hadir dari pulau ini. Mulai dari Mac Atrthur hingga Teruo Nakamura bahkan Herlina Kasim, si Pending Emas pejuang pembebasan Irian Jaya. Berbagai saksi bisu berupa infrastruktur hingga alat perang serta pendukungnya menyesaki area Morotai.

Bisa ditebak, banyak sekali peninggalan berupa artefak perang di kawasan ini, Baik di darat maupun di lautan. Artefak kecil hingga besar masih bisa ditemui menjadi saksi bisu dahsyatnya Perang Dunia II.

Sahabat Petualang pun merasakan pengalaman mencari “harta karun” (treasure hunt experience) di kawasan Hutan Amerika di Desa Daruba, Morotai. Menariknya, ada komunitas masyarakat lokal pencari harta karun peninggalan Perang Dunia ke-2 dan masih mengunakan alat tradisional berupa tongkat metal sepanjang 1 meter dan linggis untuk menggali.

“Tinggalan Perang Dunia ke-2 masih banyak tersebar di kawasan ini. Tinggalan seperti botol, dogtag, koin, hingga perlengkapan tempur masih ditemukan. Hanya saja yang berkaitan dengan amunisi lawas tidak boleh sembarang dalam melakukan penggalian,” tukas Muchlis Eso, pemilik museum mini partikelir Perang Dunia ke-2.

Hasil pencariannya dikumpulkan dalam sebuah museum mungil di Morotai. Pernak pernik alat dan kelengkapan perang ada di sini. Sebut saja peluru, botol-botol, keramik, helm baja hingga sepeda masa kependuduk Jepang. Koleksi inipun bisa diakses publik dan dipungut sukarela.

Museum pun tidak alpa dibangun pemerintah daerah dan pusat. Bahkan bakal diperbarui dengan central museum, Perang Dunia ke-2 dan Trikora rencananya bakal diresmikan dan kelola oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

 

 

Powered By:

Terios 7 Wonders: Wonderful Moluccas

#terios7wonders

#wonderfulmoluccas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.