Sukses

Fenomena Salju di Bromo Bikin Wisatawan Penasaran

Fenomena langka di Indonesia ini membuat wisatawan penasaran dan ingin melihat lebih dekat.

Liputan6.com, Probolinggo Salju yang turun di sekitar Gunung Bromo membuat wisatawan penasaran. Nur Cahyo, salah seorang pemandu wisata Gunung Bromo mengaku, fenomena turunnya salju ini bisa dilihat di sekitar kawasan "lautan pasir". Salju yang berasal dari embun ini terlihat jelas di kubangan-kubangan pasir. Hal ini terjadi lantaran cuaca ekstrem yang melanda kawasan wisata Bromo dalam seminggu terakhir. 

“Ya tadi waktu saya mengantar dua tamu dari Swis, saya sempatkan mengabadikan gambar salju ini. Sangat jelas ada gumpalan salju-salju di pasir. Padahal waktu saya ambil gambar itu sudah pukul 06.30 pagi dan baru mencair,” tutur Nur Cahyo kepada Liputan6.com, Senin (25/7/2017).

Sementara itu, Ahmad Subhan, kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Alam (PVMBG) Pos Gunung Bromo menuturkan, suhu di sekitar pos terpantau empat derajat Celsius pada pukul 05.00 pagi. Sedangkan pada dini hari, kondisinya bisa mencapai satu sampai dua derajat lebih dingin dari sebelumnya.

Dirinya juga menjelaskan, kondisi suhu di sekitar pos PVMBG biasanya lebih tinggi dari suhu di "lautan pasir". Dalam pantauannya, suhu lautan pasir biasanya bisa mencapai empat derajat lebih dingin.

“Dalam seminggu ini suhu semakin turun. Kondisi ini menandakan mulai masuk musim kemarau untuk Bromo. Kalau air atau embun sampai menjadi es, berarti suhunya bisa nol derajat atau di bawahnya,” ungkap Subhan.

Dengan kondisi seperti itu, Subhan menyarankan kepada pengunjung Bromo untuk menyiapkan perlengkapan ekstra saat berkunjung. Di antaranya jaket, sarung tangan, dan penutup kepala.

“Dan yang paling utama itu adalah badan harus fit saat naik ke sini,” ujar Subhan menambahkan.

Fenomena turunnya salju di Bromo ini justru menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisman. Mereka terlihat berlomba-lomba mengabadikan gambar melalui kamera dan ponsel. Fenomena salju menjadi momen langka, pasalnya meski Bromo selalu dalam suhu yang dingin namun salju juga tak selalu muncul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.