Sukses

8 Mitos Tentang Rambut yang Harus Anda Lupakan Sekarang Juga

Lupakan beberapa mitos tentang rambut di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejak rambut telah menjadi salah satu bagian penting dari seluruh tubuh, tidak heran, semua orang akan melakukan segala cara untuk merawatnya. Untuk mendapatkan rambut sempurna yang sehat, banyak hal yang harus dilakukan dan dihindari.

Dilansir dari huffingtonpost.com, Jumat (21/7/2017), berikut ini adalah beberapa mitos tentang rambut yang harus Anda lupakan sekarang juga. Penasaran apa saja?

1. Air drying lebih baik dari blow drying
Penelitian menyebutkan bahwa rambut yang dikeringkan menggunakan blow drying akan rusak pada bagian permukaannya. Sedangkan rambut yang dikeringkan dengan air drying akan rusak pada bagian dalam untaiannya.

Rambut yang terkena air terlalu lama akan membengkak dan menekan protein di dalamnya. Jangan biarkan rambut mengering dengan sendirinya, gunakan pengering rambut dengan suhu paling rendah.

2. Ketombe menandakan kulit kepala kering
Faktanya, ketombe paling sering ditemukan pada rambut berminyak. Jadi, jangan khawatir untuk mencuci rambut lagi, agar membuat tetap bersih.

3. Memotong rambut setiap 6 bulan sekali akan mempercepat pertumbuhannya
Pertumbuhan rambut terjadi di kulit kepala dan frekuensi memotong rambut tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan itu sendiri. Memotong rambut dengan rutin akan mencegah kerusakan yang terjadi di ujungnya.

4. Stres membuat rambut berubah
Uban sebagian besar disebabkan oleh faktor genetika dan penuaan. Stres biasanya hanya akan membuat rambut rontok.

5. Menguncir rambut terlalu sering akan membuatnya rontok
Sebenarnya menguncir rambut tidak menyebabkan kerontokan, namun dapat merusak folikel itu sendiri. Intinya, Anda tidak boleh terlalu sering menguncir rambut, terutama dengan karet gelang.

6. Membilas rambut dengan air dingin akan menutup kutikula
Rambut tidak mengandung sel-sel yang hidup, sehingga ia juga tidak akan bereaksi terhadap air dingin. Jika ingin rambut tetap halus dan berkilau, gunakan produk kondisioner yang tepat.

7. Semakin sedikit menyisir, semakin sehat rambut
Menyisir rambut dapat mendistribusikan minyak alami ke seluruh bagian rambut Anda, namun jangan terlalu sering. Terlalu sering menyisir akan membuat gesekan dan rambut kusut dari waktu ke waktu.

8. Perlu mengganti sampo karena tidak berfungsi lagi
Sampo yang berbeda akan memberikan hasil yang juga berbeda. Gantilah sampo karena keadaan rambut Anda dan pertimbangkan untuk mengganti kondisionernya juga.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.