Sukses

Mau Nonton Keroncong Gaul? Yuk, ke Solo Keroncong Festival

Di Solo Keroncong Festival (SKF) Anda dijamin bakal dibuat takjub karena banyak atraksi anak muda yang mengemas keroncong secara modern.

Liputan6.com, Solo Genre musik keroncong memang tak begitu populer di kalangan anak muda. Ada yang bilang so yesterday. Ada yang bilang nggak gaul. Ketinggalan zaman. Nggak oke. Namun di Solo Keroncong Festival (SKF) yang digelar di Benteng Vastenburg, Solo, 21-22 Juli 2017 nanti, Anda dijamin bakal dibuat takjub. Akan ada banyak atraksi anak muda yang mengemas keroncong dengan cara zaman sekarang.

Ya, di SKF, keroncong akan ditampilkan lebih hidup. Para seniman keroncong lokal, nasional, maupun International, akan menyuguhkan banyak warna baru. Karakter anak muda yang dinamis, tegas dan energik, akan disuguhkan ke wisatawan yang datang. Semua akan dibuat happy di tengah kemegahan Benteng Vastenburg yang menyimpan banyak story telling sejarah masa lalu.

"Event tahunan kali ini mengambil tema Geliat Kaula Muda Wasis Bermain dan Bernyanyi Keroncong. Kenapa anak muda? Karena psikologi orang muda itu dinamis, tegas, energik. Kawula muda juga suka hal-hal yang glamor, wah dan seksi,” kata Sis Ismiyati, Kepala Dinas Kebudayaan Solo, Senin (17/7).

Semua unsur itu sejatinya ada di musik pop, disco, rock, atau jazz. Gambarannya sangat jauh dari keroncong. Kalau penyanyi pop, rock, jazz atau dangdut kerap tampil glamor dan elegan, keroncong justru sebaliknya.

Dari dulu, penyanyinya biasanya mengenakan kebaya atau busana ala ibu-ibu yang datang ke resepsi pernikahan. “Sangat jauh dari tampilan Inul Daratista, Dewi Persik dan lain-lain. Nah, di Festival kali ini, kita bikin nuansa beda. Anak muda kita beri kebebasan berekspresi, sehingga kita ambil tema itu," tambah Sis Ismiyati.

Sis mengharapkan anak muda bisa mengapresiasi keroncong dengan cara zaman sekarang, membuat keroncong lebih hidup. Dengan demikian para anak muda tidak perlu gengsi untuk menikmati dan aktif bermain keroncong.

"Musik keroncong mampu bercerita tentang cinta, tentang pesona Indonesia, tentang kebangsaan," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Solo Keroncong Festival, Cuk Subagyo mengatakan, dalam festival ini ada sembilan grup keroncong yang akan ikut meramaikan, yaitu OK Pandawa (Solo), OK Rinonce (Yogyakarta), OK Pempek (Kediri) dan OK Wahyu Tumurun (Solo).Lalu OKM Sendratasik Unnes (Semarang), OK Gita Abadi (Tulungagung), OK Ranisinar (Bandung), OK Marlubu (Malang) dan OK SKF 17 (Solo).

"SKF 2017 ini kita fokuskan untuk kawula muda yang ingin mengekspresikan keroncong, keroncong variasi, dan lain-lain," kata Cuk Subagyo.

Sementara bintang tamunya ada Waldjinah, Yati Pesek, Sruti Respati, Bambang Heri, Endang Laras, Iin Indriyani dan Singgih Sanjaya. "Sang Maestro Keroncong Waldjinah hanya akan menyanyikan satu lagu, dengan memilih lagu Tanjung Perak," ujarnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menjelaskan, musik termasuk keroncong adalah bagian dari industri kreatif. Bila dikemas baik, bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia.

“Musik mempunyai hubungan erat dengan pariwisata, karena sama-sama masuk kategori gelombang keempat sebagai cultural industry atau creative industry," kata Menpar Arief Yahya.

Dia menambahkan, musik keroncong dapat dilestarikan melalui kegiatan pariwisata, sebaliknya pariwisata dapat dipromosikan melalui musik keroncong.

“Karena itu menampilkan keroncong dengan sentuhan anak muda itu pasti kombinasi yang seru," ucap Arief Yahya.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.