Sukses

Intip 5 Festival Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Jika berkunjung ke lima negara berikut, jangan lupa untuk menikmati berbagai festival-festival menarik.

Liputan6.com, Jakarta Di setiap negara pastinya memiliki acara festival masing-masing yang merepresentasikan budaya yang telah turun temurun. Biasanya festival digelar untuk mengumpulkan banyak orang dan melakukan hal yang menyenangkan. Namun, ada beberapa festival di dunia yang akan membuat Anda ingin menghadiri festival menarik jika berkunjung ke negara-negara tersebut. Seperti yang dilansir dari Thecrazyfacts.com, Rabu (19/7/2017).

1. Festival Songkran, Thailand
Festival ini menjadi daya tarik wisatawan dunia ketika mengunjungi Thailand. Festival Songkran ini rutin diadakan setiap tahun pada tanggal 13-15 April. Di dalam festival ini, Anda akan melakukan perang air. Awal mula dari perang air ini adalah dari kegiatan ritual mencuci patung Buddha. Setelah mencuci patung Buddha, orang-orang akan mencipratkan air bekas mencuci patung dengan tujuan memperoleh berkah ataupun keberuntungan. Pada festival ini, Anda bebas menyiram air ke siapa saja.

2. Festival Tunarama, Australia
Sebagai penduduk Port Lincoln, Australia Selatan, sumber penghasilan utama mereka adalah industri ikan tuna. Dari penghasilan tuna yang didapat, penduduk Port Lincoln telah menjadikan festival Tunarama ini sebagai festival tahunan. Tidak jarang, banyak wisatawan dunia yang mengikuti festival ini. Festival ini dimeriahkan beberapa acara, seperti melempar ikan tuna, kompetisi memakan semangka, mengupas kulit udang, hingga menggelindingkan gentong. Uniknya kompetisi ini harus melempar ikan tuna seberat 8-10 kg sejauh mungkin.

3. Festival Night Of The Radishes, Meksiko
Festival ini akan mengajak Anda untuk mengukir lobak. Perayaan setiap tahun ini diselenggarakan pada tanggal 23 Desember. Banyak para seniman dari berbagai daerah menghadiri festival ini. Di dalam kompetisi mengukir lobak ini, Anda dibebaskan untuk mengukir lobak menjadi berbagai bentuk. Momen ini juga bertepatan dengan perayaan Natal. Maka, tidak jarang lobak akan disulap dengan konsep religius seperti penyalipan Yesus.

4. Festival Bolas De Fuego, San Salvador
Festival yang satu ini memiliki kaitannya dengan peristiwa sejarah. Pada tahun 1922, gunung berapi meletus dan melanda seluruh warga Kota Nejapa. Dari kejadian ini, semua warga diharuskan untuk mengungsi. Festival tahunan yang diadakan setiap 31 Agustus ini sekaligus mengingat kembali kejadian bersejarah tersebut. Di festival ini, Anda akan melihat orang-orang melakukan perang bola api. Selain itu juga, Anda akan menikmati kopi khas Meksiko dan tarian mereka.

5. Festival Konaki Sumo, Japan
Mendengar kata sumo, pastinya Anda akan membayangkan kedua lelaki yang berbadan besar dan bergulat. Namun, festival ini bukan hanya sekadar bergulat. Para sumo akan bergulat, sambil menggendong bayi. Perlombaan unik ini memang menjadi salah satu daya tarik wisata Jepang yang banyak dikunjungi para wisatawan. Tradisi sumo dengan menggendong bayi ini telah turun temurun dilakukan dari 400 tahun lalu, dan tangisan bayi ini dipercaya sebagai pertumbuhan bayi yang cepat.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.