Sukses

Waspada Hoax Pendaftaran CPNS, Periksa Informasi dengan Cara Ini

Kabar mengenai pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah mulai menghangat di media sosial. Bagaimana cara memeriksanya?

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah mulai menghangat di media sosial. Bahkan, sudah ada surat edaran yang dibagikan mengenai pelaksanaan seleksi CPNS yang membuat para pencari kerja bersemangat. Namun tetap saja, celah penipuan dari pendaftaran CPNS bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) Herman Suryatman kembali mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kabar yang beredar di berbagai portal. Sebab, kabar tersebut bisa sangat menyesatkan.

“Kami mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dan mencermati kabar yang tidak jelas asal-usulnya. Ini bisa menyesatkan masyarakat,” ujar Herman dalam keterangannya, Rabu (21/6/2017).

Inilah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mewaspadai hoax pendaftaran CPNS, agar selamat dari penipuan.

Periksa informasi dari situs resmi kementerian
Informasi yang digunakan untuk pendaftaran CPNS pasti tersedia di situs resmi kementerian, mulai dari posisi yang ditawarkan, hingga penempatan kerja. Seluruh persyaratan dan kriteria bagi CPNS juga sudah tertulis dengan baik di informasi ini. Hindari informasi dari luar situs kementerian, karena bisa jadi kabar tersebut menyesatkan.

Ikuti cara pendaftaran yang berlaku
Seluruh cara pendaftaran sudah dijelaskan dengan baik dalam informasi pendaftaran CPNS di setiap kementerian. Untuk itu, ikutilah cara pendaftaran yang berlaku, agar bisa masuk dalam formasi CPNS tanpa kesulitan. Sebab, cara yang digunakan selain mengikuti persyaratan, akan membuat kesempatan Anda jadi CPNS gugur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan tergiur dengan jalan pintas


Tidak ada jalan pintas dalam pendaftaran CPNS, jadi jangan tergiur dengan tawaran langsung diterima. Ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab, yang biasanya menjanjikan nama-nama pejabat tertentu untuk menjamin Anda masuk jadi CPNS. Namun ingatlah, tidak ada yang bisa menjamin bisa masuk CPNS, bila tidak melewati prosedur yang diberikan.

Pendaftaran CPNS tidak dipungut biaya
Setiap tahunnya, pendaftaran CPNS tidak pernah dipungut biaya sepersen pun. Sehingga jangan pernah tergiur untuk membayar sejumlah biaya, agar memastikan kursi CPNS, karena hal itu hanyalah hoax atau tipuan semata. Selalu waspada di kala pendaftaran CPNS juga menjadi pintu utama untuk mencapai keberhasilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.