Sukses

Ingat 4 Trik Beli Oleh-Oleh agar Tetap Segar Pulang Mudik

Tidak semua oleh-oleh bisa bertahan lama, simak empat tips berikut agar oleh-oleh tetap segar sampai di tempat tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh merupakan hal yang dinantikan sepulang mudik, oleh keluarga yang tidak bisa ikut pulang kampung. Hendaknya, buah tangan khas kampung halaman bisa diberikan dalam kondisi sempurna kepada penerima, meski jalur yang dilalui tidak bersahabat. Lalu bagaimana caranya agar oleh-oleh ini bisa diterima dalam keadaan segar? Simak 4 tips ini.

Cek kondisi fisik kemasan
Pastikan kondisi oleh-oleh pada saat dibeli dalam keadaan baik. Tidak ada kerusakan dalam fisik dan tampak rapih ketika dibeli. Tentunya kemasan yang rapi bisa membuat penerimanya senang, dan memberikan senyuman manis di wajah.

Cek tanggal kedaluwarsa
Tanggal kedaluwarsa untuk oleh-oleh juga harus diperhatikan. Jangan sampai, barang-barang yang sudah dibeli ternyata tidak layak lagi dikonsumsi ketika tiba di tempat tujuan. Hal ini berlaku untuk makanan olahan pabrik dan olahan rumahan, sehingga tetap aman dimakan.

Cek bau makanan
Terkadang, banyak orang melewatkan tahapan memeriksa bau makanan ketika membeli oleh-oleh saat mudik. Mereka hanya memasukkan buah tangan dalam keranjang dan langsung membayarnya. Padahal bau makanan menjadi indikator penting, apakah makanan tersebut layak dibeli atau tidak.

Simpan di tempat yang aman
Setelah dibeli, jangan lupa untuk menyimpan oleh-oleh di tempat yang aman. Baik untuk makanan atau non makanan. Cara terbaik adalah memasukkannya di kardus dengan bungkus yang aman, jauh dari panas dan terlindung dari cairan. Apakah Anda siap membeli oleh-oleh saat mudik?

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.