Sukses

Nasi Goreng dan Sate Ayam Makin Ngehits Gara-gara Obama

Dua kuliner khas Indonesia, nasi goreng dan sate ayam benar-benar istimewa bagi Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama

Liputan6.com, Jakarta Dua kuliner khas Indonesia, nasi goreng dan sate ayam benar-benar istimewa bagi Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama. Dua menu makanan itulah yang paling diincar Obama setibanya di Jogjakarta, Rabu (28/6).

Bicara kuliner, Obama memang punya kenangan tersendiri dengan makanan khas Indonesia yang sering disantapnya saat tinggal di Indonesia. Kelezatan kuliner Indonesia bagi Obama sangat membekas di hatinya. Bahkan hal ini disampaikannya saat November 2010, ketika Obama melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia. “Bakso, sate.. enak ya,” kata Obama ketika itu.

Juga pas menyampaikan pidatonya di Universitas Indonesia, Mr Obama sempat memuji makanan favoritnya itu “Bakso, nasi goreng… semuanya enak!” kata Obama, malah Presiden negara adikuasa ini juga menirukan gaya penjual bakso berseru menjajakan dagangannya. “Baksooo!” katanya, disambur gerrr hadirin 2010 silam.

Nah, saat berada di Jogjakarta, Obama seperti tak sabar mencicipi makanan khas Indonesia yang lezat tadi. Menu istimewa masa kecil Obama di Indonesia pun menjadi catatan penting yang dicari saat berlibur di Jogjakarta. ”Obama langsung memesan masakan khas Indonesia seperti bakmi, sate dan nasi goreng,” jelas General Manager Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih, Kamis (29/6).

Kalau berbincang seputar kuliner, Jogjakarta memang menjadi tempat yang pas untuk mencari sensasi rasa Indonesia. Di sinilah salah satu surga kuliner Indonesia. Mau cari apapun ada. Taste Jawa, Keraton, perpaduan menu Cina, semua ada.

Ini membuat kuliner Jogjakarta menjadi sangat kaya. Enaknya, nyaris tak terbantahkan. Ketua Akademi Gastronomi Indonesia Vita Datau Mesakh pun ikut mengamini hal ini. “Kuliner pesanan Obama seperti nasi goreng dan sate ayam memang istimewa. Rasanya enak, gurih, dan banyak sekali tersaji di seluruh Jogjakarta,” papar Ketua AGI Vita Datau.

Wanita penyuka motor gede itu pun mempersilakan Obama dan keluarganya untuk mengeksplore aneka kuliner Nusantara saat berada di Jogjakarta. ‘Silakan meng-explore wisata kuliner yang ada di Jogjakarta. , Mr Obama, pasti akan mendapatkan sensasi dan kenikmatan luar biasa,” tambah wanita yang juga menjabat Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga seirama. Bicara wisata kuliner, Jogjakarta lah tempatnya. “Nasi Goreng dan Sate Ayam khas Indonesia itu enak-enak. Kebetulan, kedua makanan itu juga favorit bagi warga Jogjakarta,” sebut Menpar Arief Yahya.

Bagi Arief Yahya, Obama ikut mendongkrak popularitas “Wonderful Indonesia.” Kibarannya disebut-sebut bahkan lebih “nendang” dari Malaysia Trully Asia, Amazing Thailand serta Your Singapore. Pesan yang disiratkan Obama saat memesan kuliner khas Indonesia di Hotel Tentrem sangat jelas, tegas dan asli. Bahwa Indonesia bukan hanya cantik dalam sumber daya alam, indah dipandang, budaya welcome, tetapi juga kekayaan kuliner yang tiada tara.

“Itu fakta. Presiden Obama sendiri sudah mengakui soal nasi goreng, bakso dan sate. Terimakasih Mr Obama,” tegas Arief Yahya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini