Sukses

5 Rahasia Membuat Kulit Tangan Tetap Lembut

Ingin mendapatkan kulit tangan yang halus dan lembut? Coba lakukan trik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tangan merupakan bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dirawat, padahal kulit tangan bisa terlihat kasar dan kusam lebih cepat dibanding wajah. Ada banyak faktor yang membuat kulit tangan kering, kasar dan kusam. Namun, Anda tak perlu khawatir, tetap jaga kecantikan tangan Anda dengan rajin merawatnya.

Melansir dari laman Bright Side, Rabu (28/6/2017) beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit tangan yang lembut dan anti kerut.

1. Cucilah tangan Anda dengan benar
Terlalu sering menggunakan sabun dapat membuat kulit tangan Anda kehilangan kelembapannya. Untuk itu, coba cegah dengan cara ini:

  • Jangan gunakan sabun yang mengandung anti bakteri. Hindari parfum, karena justru akan membuat kulit Anda kering dan iritasi.
  • Lebih baik gunakan sabun yang mengandung pelembap alami seperti minyak jojoba, minyak zaitun atau lidah buaya.
  • Cuci tangan Anda menggunakan air hangat bukan air panas untuk melindungi kulit tangan hingga ke lapisan terdalam.
  • Hindari alat pengering tangan setelah mencuci tangan, lebih baik mengeringkannya menggunakan handuk kering.

2. Gunakan sarung tangan
Tangan Anda akan secara terus menerus menerima faktor eksternal seperti air dingin atau sabun berbahan kimia. Untuk mengurangi kerusakan, Anda harus menggunakan sarung tangan untuk berbagai kesempatan. Misalnya selalu menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau berkebun.

3. Rajinlah melembapkan tangan Anda
Anda bisa menggunakan krim tangan untuk melembapkan kulit tangan Anda. Oleskan krim sesuai kebutuhan setiap dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Jika Anda memiliki kulit kering, oleskan krim tangan setiap kali setelah mencuci tangan. Atau untuk hasil yang terbaik, Anda juga bisa mengaplikasikan krim tangan dan memakai sarung tangan sebelum tidur. Hal ini akan membantu tangan Anda terasa lebih halus dan lembut.

4. Lakukan scrubbing secara rutin
Seperti dengan wajah dan tubuh, tangan Anda juga perlu perawatan scrubbing secara rutin setiap satu minggu sekali. Anda dapat membuat masker tangan sendiri di rumah dari bahan-bahan alami. Misalnya mencampurkan setengah potong buah alpukat, satu butir kuning telur dan satu sendok makan jus lemon. Kemudian, aplikasikan pada tangan dan diamkan selama 20 menit sebelum mencucinya hingga bersih.

5. Gunakan sunscreen
Salah satu tanda penuaan kulit pada tangan Anda adalah terjadinya hiperpigmentasi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah terpapar sinar matahari. Untuk menghindari timbulnya bintik hitam pada tangan, cobalah untuk selalu menerapkan sunscreen secara teratur pada tangan Anda.

Selain itu, Anda pun dapat mengoleskan pemutih alami dengan membuat masker dari 1 sendok makan jus lemon, satu sendok makan susu, dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan pada tangan secara merata.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.