Sukses

Jelang Lebaran, Ini 6 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

Sebelum mudik Lebaran, perhatikan enam hal ini sebelum meninggalkan rumah dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta Saat mudik, selain mempersiapkan kendara dan perjalanan, ada hal yang tidak kalah penting diperhatikan, yaitu kondisi rumah yang Anda tinggalkan. Setidaknya ada enam hal yang harus Anda pastikan agar mudik terasa nyaman.

Seperti yang dilansir dari vidio.com, Jumat (23/6/2017), berikut hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah saat mudik Lebaran.

1. Kunci semua pintu dan jendela

Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengaman rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari dan kamar tidur.

2. Matikan saluran utama PAM dan keran air

Sebelum pergi pastikan saluran utama PAM dan keran air tidak mengalir. Selain untuk menghindari tagihan yang membengkak, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran.

3. Cabut listrik

Cabut listrik untuk menghindari risiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan korsleting listrik.

4. Cabut selang gas

Jangan lupa mencabut selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebocoran gas.

5. Kunci ganda kendaraan

Kunci ganda kendaraan dan jangan meninggalkan kunci kendaraan Anda di tempat-tempat incaran penjahat seperti lemari. Simpan kunci kendaraan Anda di tempat yang dirasa aman.

6. Pamitan dengan ketua RT/RW atau keamanan

Jangan lupa untuk berpamitan kepada ketua RT/RW atau keamanan tempat tinggal Anda. Beri tahu sampai kapan Anda akan kembali. Berikan juga nomor telepon genggam Anda yang dapat dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat.

Jika semua tips ini sudah Anda lakukan, maka mudik Anda dan keluarga akan terasa tenang dan nyaman. Selamat mudik Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.