Sukses

4 Destinasi Berburu Takjil Paling Favorit di Yogyakarta

Yogyakarta punya banyak pilihan tempat bazar Ramadan yang jadi favorit untuk berburu takjil!

Liputan6.com, Jakarta Bazar Ramadan jadi hal yang biasa Anda temukan saat bulan suci tiba. Pasar dadakan ini biasanya terdiri dari berbagai penjual yang menjajakan berbagai menu buka puasa yang lezat. Beberapa lokasi di Yogyakarta sudah dikenal sebagai tempat berjualan takjil yang legendaris.

Nah, kalau Anda sedang melakukan traveling ke Yogyakarta pada bulan Ramadan ini. Tak ada salahnya untuk mampir ke destinasi berburu takjil favorit warga Kota Pelajar yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/6/2017).

1. Pasar Kauman, Yogyakarta

Berburu takjil adalah salah satu cara ampuh untuk menyibukkan diri saat menanti waktu berbuka puasa. Saat ke Yogyakarta, Anda tak boleh melewatkan Pasar Kauman ini. Tempat ngabuburit asyik favorit warga Kota Pelajar dan traveler ini memang sudah legendaris. Sudah ada sejak awal tahun 90-an, Pasar Kauman kini sudah ramai dengan pedagang. Berbagai varian kuliner nikmat untuk menu berbuka puasa bisa Anda dapatkan di sini. Selain kolak, yang menjadi incaran banyak pembeli di pasar ini adalah Kicak. Makanan khas Kauman yang terbuat dari ketan, kelapa, nangka, gula putih, dan panda ini punya cita rasa yang legit.

2. Pasar Ramadan Jogokaryan

Bila sore menjelang, Pasar Ramadan Jogokaryan akan dipadati oleh para pemburu takjil. Sama seperti Pasar Kauman, Pasar Ramadan Jogokaryan juga punya banyak pilihan menu berbuka puasa untuk Anda. Daya tarik utama dari kawasan ini sebenarnya bukan terletak di pasarnya, melainkan Masjid Jogokaryan  yang membuat area ini rutin diserbu pengunjung tiap Ramadan. Hal ini disebabkan oleh pengurus tempat ibadah tersebut yang tiap satu tahun sekali menyiapkan takjil gratis hingga ribuan porsi.

3. Jalur Gaza

Nama asli tempat ini adalah Pasar Ramadan Nitikan. Namun, supaya lebih mudah diingat oleh warga dan traveler, diubahlah panggilannya menjadi Jalur Gaza. Jalur Gaza ini merupakan singkatan dari Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Ashar Zerba Ada. Di Jalur Gaza ini memang disediakan semua kebutuhan Anda untuk berbuka. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga minuman pun ada.

4. Pasar Sore UGM

Kalau sudah sering traveling ke UGM, pastilah Anda tahu dengan istilah 'Sunday Morning'. Kawasan lembah UGM memang kerap kali mengadakan acara pasar dadakan di Minggu pagi. Namun, saat bulan Ramadan tiba, pemandangan ramai di hari Minggu tersebut bisa Anda jumpai setiap hari menjelang magrib. Tak hanya makanan, Anda pun bisa membeli berbagai barang kebutuhan lainnya seperti pakaian, aksesori, dan masih banyak lagi.

Liburan ke Yogyakarta di bulan Ramadan ini akan jadi makin istimewa bersama Reservasi.com. Diskon tiket pesawat mulai dari 5% s.d. Rp 1 juta semua maskapai dan tanpa minimum bisa Anda dapatkan di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.