Sukses

3 Alasan Rahasia Milenial Butuh Waktu Lama untuk Putuskan Menikah

Ingin tahu alasan sebenarnya mengapa generasi milenial menunda pernikahan? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, generasi milenial cenderung menolak menikah di usia 20-an daripada generasi sebelumnya. Generasi milenial merasa berada dalam ketidakpastian ketika berbicara tentang pernikahan.

Beberapa contohnya adalah kehilangan kebebasan, terlalu banyak pilihan, dan definisi pernikahan itu sendiri. Dilansir dari yourtango.com, Jumat (26/5/2017), berikut ini adalah beberapa alasan tersembunyi mengapa generasi milenial membutuhkan waktu lama untuk memutuskan menikah.

1. Kehilangan kebebasan
Generasi milenial cenderung memiliki konsep bahwa ia bisa menjadi apa pun yang diinginkan dan jangan pernah merasa puas. Inilah yang disebut sebagai budaya individualisme yang mencegah generasi milenial untuk melakukan sesuatu.

Namun, beberapa penelitian lainnya menyatakan pasangan yang menjalin sebuah hubungan sehat dapat membuat hidup Anda lebih lama, sehat, baik, dan memuaskan. Menempatkan kebutuhan orang lain sebelum kebutuhan diri sendiri dan belajar kompromi adalah salah satu cara mendapatkan kesehatan dan umur yang panjang.

2. Pilihan paradoks
Generasi milenial cenderung memiliki banyak jalan dan pilihan dalam mencari pasangan hidup. Inilah mengapa mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi pilihan, daripada terburu-buru menikah.

Waktu ini digunakan untuk mendefinisikan kembali cinta yang benar-benar diinginkan. Banyak orang melakukannya dengan berbagai cara, seperti berpacaran atau bahkan tinggal bersama.

3. Definisi baru tentang pernikahan
Generasi milenial ternyata menemukan definisi baru tentang pernikahan. Generasi sebelumnya memaknai pernikahan dengan mencari seseorang yang layak diajak memulai sebuah keluarga, sedangkan generasi milenial harus benar-benar menemukan seseorang yang dicintai.

Faktor lainnya adalah perceraian. Gagasan tentang perceraian ini membuat generasi milenial berpikir untuk benar-benar menemukan kepastian sebelum menikah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.