Tips Mudah Membuat Kaldu Sapi Sendiri di Rumah

Oleh Mestika Safrini Nasution pada 19 Mei 2017, 18:41 WIB
Tips Mudah Membuat Kaldu Sapi Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kaldu Sapi merupakan bagian dari bahan masakan yang biasa terdapat pada kuah sop untuk menambah cita rasa gurih. Bagi Anda penggemar memasak, mungkin sudah tak asing lagi untuk menggunakan kaldu sapi instan sebagai penyedap rasa. Padahal, kaldu sapi dapat dibuat sendiri, lho. Tentunya dengan campuran bahan-bahan yang mudah dibuat.

Seperti yang dilansir dari Vidio, Jumat (19/5/2017) Anda dapat dengan mudah membuat kaldu sapi sendiri di rumah agar masakan terasa lebih sedap dan nikmat.

Untuk membuat kaldu sapi yang lezat, pastinya Anda memerlukan kombinasi Mirepoix dan Bouquet garni. Mirepoix adalah bahan dasar membuat kaldu untuk menciptakan cita rasa spesial. Campuran bahan yang terdapat di dalam Mirepoix adalah bawang bombay, wortel dan seledri.

Sementara Bouquet Garni adalah sebutan untuk beberapa bumbu yang diikat menjadi satu untuk menambah cita rasa kaldu. Rempah yang biasa digunakan di dalam Bouquet Garni adalah daun bawang, cengkeh, biji lada hitam, daun salam dan thyme.

Yang perlu Anda siapkan:

  • Mirepoix (bawang bombay, wortel dan seledri)
  • Bouquet Garni (daun bawang, cengkeh, biji lada hitam, daun salam dan thyme)
  • Daging tulang sapi atau tulang iga sapi
  • Air secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan air hingga mendidih. Lalu, masukkan tulang sapi atau iga sapi ke dalam panci berisi air mendidih untuk menghilangkan sisa darah.
2. Sambil menunggu daging tulang sapi atau iga sapi berubah warna, kupas kulit wortel.
3. Setelah daging berubah warna, sisihkan dalam mangkuk. Kemudian, cuci daging tulang sapi atau iga sapi dan buang air sisa merebusnya.
4. Siapkan daun bawang dan seperempat potong bawang bombay.
5. Masukkan daging tulang sapi yang sudah dibersihkan tadi ke dalam panci. Lalu, tambahkan dengan daun bawang, bawang bombay dan sisa kulit wortel. Kemudian, tambahkan juga Bouquet Garni (daun salam, biji lada hitam, cengkeh, thyme dan selederi) dan tambahkan air secukupnya.
6. Masak campuran bahan kaldu sapi tersebut hingga matang dan mendidih. Jangan lupa untuk menyisihkan buih-buih lemak yang keluar dari kaldu sapi. Lalu, saring dan kaldu sapi siap digunakan. Selamat mencoba!