Sukses

Jangan Lakukan Ini di hadapan Tamu Pernikahan Anda

Berikut hal-hal yang pantang dilakukan pengantin di hadapan para tamu pernikahan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi raja dan ratu sehari, bukan berarti Anda dapat berlaku sesuka hati tanpa memikirkan para tamu undangan yang hadir di pesta pernikahan Anda. Terlebih karena Anda dan pasangan akan menjadi pusat perhatian, jangan sampai ada perilaku negatif yang tertangkap kamera atau membekas di benak para tamu.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda tidak melakukan 6 hal berikut ini:

1. Jangan bertengkar dengan pasangan di hari pernikahan, terlebih saat berada di antara banyak orang.
Momen pernikahan memang pengalaman yang emosional, terlebih setelah melewati proses perencanaan pernikahan yang menimbulkan stres atau ketegangan di antara pasangan pengantin. Sebesar apa pun masalah yang mungkin muncul, seperti menu makanan yang kurang atau jumlah tamu yang tiba-tiba membludak, jangan sampai Anda dan pasangan beradu argumen atau terlihat bersitegang di hadapan para tamu. Jika memang ada masalah yang ingin diselesaikan, lakukan di kamar tertutup atau tunggu hingga acara usai.

2. Jangan berbicara dengan kasar atau mengacuhkan tamu undangan
Bahkan jika Anda sebenarnya tidak ingin mengundang saudara jauh atau teman lama pasangan yang tidak Anda sukai, sebagai pengantin Anda tetap wajib membuat mereka merasa diterima dan diperlakukan dengan sopan. Jika ada tamu yang bersikap buruk, seperti mabuk atau membuat keributan, Anda tak perlu turun tangan untuk mengatasi masalah ini. Minta bantuan saudara atau wedding organizer Anda untuk menyiasatinya.

3. Jangan membahas biaya pernikahan di depan para tamu
Sebesar atau sekecil apa biaya yang Anda keluarkan untuk membayar venue, dekorasi dan bunga atau kue pengantin, jangan sekalipun membahasnya dengan tamu undangan. Termasuk soal siapa yang membiayai pernikahan ini, siapa yang mengeluarkan uang lebih banyak atau detail keuangan lainnya. Hindari pula mengungkit soal isi amplop yang akan diberikan para tamu, meski hanya bercanda. Karena topik yang sensitif ini dapat membuat tamu merasa kurang nyaman jika Anda bahas di momen yang spesial ini.

4. Hindari pertengkaran dengan vendor pernikahan di hadapan tamu
Jika sang pengantin tampak selalu tersenyum, maka semua tamu undangan akan ikut berbahagia. Namun lain cerita jika tamu undangan menangkap Anda sedang bersitegang dengan petugas katering atau fotografer pernikahan di pesta resepsi. Suasana pun akan menjadi keruh dan kurang bersahabat. Kalau masalahnya masih dapat ditangani, ajak sang vendor untuk bicara di ruang privat dan sampaikan keluh kesah Anda. Tak perlu memarahi atau membuat drama, karena tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Vendor pun pasti akan lebih berusaha untuk memperbaiki kinerja mereka jika Anda tetap sopan dan bersikap logis.

5. Hindari terlalu banyak minuman beralkohol 
Anda tentu tidak mau album foto pernikahan Anda dipenuhi dengan foto saat Anda sedang kurang sadarkan diri akibat mabuk. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga akan membuat Anda tidak terlalu mengingat hari yang istimewa ini. Tentu Anda boleh merayakan momen ini dengan minuman favorit Anda, namun batasi diri dan berikan impresi yang terbaik untuk para tamu yang hadir.

6. Jangan menjelekkan orangtua atau mertua di hadapan para tamu
Bahkan meski Anda tidak memiliki hubungan yang hangat dengan orangtua atau mertua Anda, tidak perlu menunjukkannya pada semua tamu undangan. Tak perlu membocorkan siapa yang membantu Anda untuk membiayai pernikahan atau siapa yang menyebabkan banyak drama selama proses perencanaan. Selain karena memberi kesan kurang baik untuk Anda dan pasangan, namun juga merendahkan harga diri orangtua atau mertua yang tetap harus Anda jaga dan hormati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.