Sukses

Hindari 6 Penyebab Umum Munculnya Jerawat Dewasa

Ingin tahu apa penyebab paling umum dari munculnya jerawat dewasa pada wajah? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat tidak hanya identik untuk kalangan remaja. Orang dewasa ternyata juga memiliki risiko yang sama. Tidak ada alasan pasti mengapa orang dewasa bisa berjerawat, tapi ahli kulit Dr Lortscher dapat membeberkan beberapa hal.

Dilansir dari mydomaine.com, Senin (15/5/2017), faktanya, jerawat pada wanita dewasa lebih sering ditemukan dari masalah kulit pada orangtua atau saudaranya yang lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum munculnya jerawat dewasa.

1. Produk perawatan kulit dan rambut
Untuk produk perawatan wajah, carilah label bertuliskan non-comedogenic, walau tidak ada jaminan apa pun terhadap penggunaan istilah tersebut. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati terhadap penggunaan produk perawatan rambut, karena bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, terutama di daerah sekitar garis rambut atau punggung.

2. Hormon
Khususnya bagi kaum wanita, jerawat dewasa biasanya muncul di beberapa kondisi tertentu. Seperti berhenti atau baru mulai minum pil KB, sekitar waktu datang bulan, selama kehamilan, pra-menopause, dan menopause.

3. Stres
Beberapa penyebab umum dari timbulnya stres adalah deadline pekerjaan atau masalah hubungan asmara dan stres bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Hal ini karena tubuh manusia sangat kompleks dan stres bisa memicu perubahan hormon yang menimbulkan jerawat.

4. Kulit kering
Mungkin selama ini Anda juga berasumsi jerawat cenderung muncul dari kulit berminyak. Faktanya, kulit kering justru lebih cepat menimbulkan jerawat karena peradangan.

5. Merokok
Perokok cenderung memiliki lebih banyak jerawat, terutama komedo ketimbang Anda yang tidak merokok. Selain itu, wajah seorang perokok cenderung lebih cepat keriput, pucat, kasar, dan memiliki jerawat dewasa, khususnya komedo yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.