Sukses

Tips Aman Melakukan Solo Traveling Khusus untuk Wanita

Ingin melakukan solo traveling? Simak tips penting berikut ini khusus untuk Anda para wanita.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang wanita mungkin Anda memerlukan waktu menyendiri dan ingin leluasa melakukan apa saja yang Anda inginkan. Tidak ada salahnya bila Anda memilih untuk solo traveling dan berlibur seorang diri.

Walau Anda seorang wanita bukan berarti akan kesulitan bila pergi berlibur sendiri. Ketika semuanya dilakukan dengan persiapan yang baik, maka liburan ini akan menjadi salah satu yang paling mengesankan.

Dilansir dari Cheap Air, Senin (8/05/2017) beberapa tips berikut dapat Anda lakukan untuk memberikan rasa aman serta ketenangan pikiran ketika solo traveling.

1. Kemas barang Anda seringan mungkin
Tidak ada yang lebih menarik bagi pencuri ketika melihat seorang wanita yang menyeret tiga tas berat di tempat umum di kota yang asing. Ketika Anda membawa terlalu banyak barang maka akan menjadi magnet bagi orang jahat. Maka itu kemas barang Anda seringan mungkin.

2. Simpan uang tunai untuk keadaan darurat terpisah dari uang Anda yang lain
Anda harus menyiapkan uang yang nantinya dapat digunakan saat keadaan darurat. Letakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh orang lain seperti dalam sisipan bra, atau bagian dalam topi Anda.

3. Foto atau scan semua dokumen penting
Tidak ada yang tidak mungkin ketika liburan sendiri, mungkin Anda akan menjadi korban pencurian dan semua barang hilang. Ketika itu terjadi, dokumen penting mungkin dapat terselamatkan ketika Anda memiliki foto atau file digital semua dokumen penting dalam email atau layanan i-cloud.

4. Berpakaian seperti orang kebanyakan
Salah satu cara terbaik untuk menghindari kejahatan adalah berbaur dan tidak terlihat seperti turis ketika Anda solo traveling. Hal ini juga akan menjauhkan Anda dari pusat perhatian para penjahat.

5. Selalu cek barang bawaan Anda ketika berpindah tempat
Sebelum meninggalkan suatu tempat, periksa dengan teliti apakah ada barang yang tertinggal atau tidak. Bila perlu, Anda bisa membuat daftar barang bawaan dan memeriksanya satu per satu.

(Achmad Rully P)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.