Sukses

Lakukan 9 Perawatan Ini di Rumah untuk Menghilangkan Kantung Mata

Ternyata, menghilangkan kantung mata bisa dilakukan dari beberapa perawatan di rumah ini. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti tahu apa akibat dari kurangnya waktu tidur, selain tubuh lelah, yaitu munculnya kantung mata. Jika Anda juga berjuang dengan kantung mata, jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Dilansir dari purewow.com, Minggu (14/5/2017), berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan kantung mata. Penasaran?

1. Cobalah dari timunIrisan timun benar-benar dapat menghasilkan keajaiban pada mata lelah dan bengkak, terutama kantung mata. Potong dan kupas timun tipis-tipis dan letakkan tepat di atas kedua mata Anda selama 15 sampai 30 menit.

Timun memiliki kandungan antioksidan yang bisa menenangkan mata. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan timun dengan garam laut dan bubuk cabai untuk dimakan.

2. Atau gunakan kentangJika Anda tidak memiliki timun, gunakan kentang. Potongan kentang dingin memiliki fungsi yang sama seperti timun, bahkan kentang dapat dingin lebih lama.

Irislah kentang mentah tipis-tipis dan letakkan di atas kedua mata. Tunggu selama 15 sampai 30 menit.

3. Susu alamiSusu alami kaya akan asam amino, vitamin, dan asam laktat yang dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, masukkan dua bola kapas ke dalam segelas susu alami, peras kelebihannya, dan letakkan di atas kedua mata selama 15 menit.

4. TehTeh hijau dan hitam mengandung kafein yang dapat menyempitkan pembuluh dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata. Cobalah menyeduh dua kantong teh ke dalam air panas selama beberapa menit, keluarkan dari air, dan biarkan dingin sampai suhu kamar, lalu letakkan di atas kedua mata dalam waktu 15 hingga 30 menit.

5. Lidah buayaLidah buaya sama halnya seperti bahan menenangkan, seperti vitamin E yang dapat mengobati luka bakar dan merawat kulit di sekitar mata menjadi halus. Jika Anda memiliki kantung mata, lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Air dingin

Cara yang satu ini sangat efektif dan mudah untuk dilakukan. Cuci sebuah kain lap dengan air dingin, peras kelebihannya, dan letakkan di atas kedua mata selama yang Anda butuhkan.

Air dingin memiliki kemampuan untuk menyempitkan pembuluh darah. Selain itu, air dingin juga bisa menurunkan jumlah cairan yang ada di daerah mata, membuat kantung mata menghilang.

7. Taruh sendok di dalam kulkasKetika Anda terbangun dengan kantung mata di pagi hari, cobalah taruh sendok di dalam kulkas. Sendok dingin memiliki efek yang sama dengan air dingin.

8. Pijat sendiri daerah mataKantung mata adalah hasil dari cairan berlebih yang terjebak di sekitar mata. Untuk menghilangkan cairan ini, cobalah memijat daerah sudut luar ke sudut dalam mata menggunakan jaring kelingking dan tengah selama yang dibutuhkan.

9. Cara alternatifBeberapa cara di atas dapat membantu Anda menghilangkan kantung mata, namun juga bisa dilakukan dari dalam. Usahakan Anda tetap terhidrasi, mengurangi garam, dan menghindari bantal yang terlalu tinggi saat tidur agar kantung mata tidak terbentuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.